«

»

SOTO DAGING SAPI “BU CIP” TAMAN SARI: Habis Sotonya, Terbitlah Kenyang yang Memuaskannya

soto bu cip

Soto Bu Cip yang berlokasi di Jalan Mayjen S. Parman 58, Taman Sari, termasuk salah satu legenda kuliner Jogja. Penggemarnya lintas generasi dan terus menikmati sotonya karena rasanya yang tak berubah meski sudah ditinggal oleh perintisnya yaitu Bu Cip. Soto ini terkenal juga karena keramahan si bakul yang khas Mataraman.

Mengunjungi warung soto Bu Cip musti tahu waktu primanya yaitu pagi hari sekira jam tujuh delapan. Biasanya, soto cepat habis sehingga barang siapa telat akan kecewa berat karena tak merasai lezatnya sotonya. Ada beberapa alasan kenapa soto Bu Cip mendapat gelar salah satu soto terbaik dari para pemburu kuliner Jogja.

1. Daging sapinya yang empuk dalam potongan besar. Siapa sih yang tidak suka soto berdaging jumbo?

2. Kuahnya segar, bening dan tidak ada ampasnya, cocok menghangatkan tubuh saat pagi hari.

3. Sambalnya khas yang lebih memantapkan selera makan.

4. Kucuran jeruk nipis mengunci rasa soto ditambah lauk seperti perkedel dan tempe menobatkan soto ini sebagai juaranya soto.

sotobucip2Warung soto berukuran 5 x 3 meter ini sudah berdiri sejak 1975. Berarti hampir empat puluh tahun rintidan Bu Cipto Sudarmo memanjakan lidah warga Jogja dengan racikan sotonya. Sungguh tak terbayang betapa Bu Cip punya peran penting dalam mencerdaskan orang Jogja. Bukankah sarapan itu membuat cerdas?

Paling mengena perhatian redaksi ketika tahu pelayanan di warung ini masih mempertahankan cara Bu Cip yang telah meninggal. Kesederhanaan, kehangatan, dan ngayomi terus diberikan dari pengelola warung pada semua pembeli yang dianggap sebagai saudara. Wah, trenyuh sekali!

Jangan lewarkan petualangam kuliner berkharisma di warung soto Bu Cip di Taman Sari ini. Salam wisata kuliner Jogja!

 

Sumber gambar: halojogja.com, hipwee.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>