«

»

SENDRATARI RAMAYANA PRAMBANAN: Monumen Cinta Rama Shinta atau Tragedi yang Menyayat?

ramayana1

Hanoman mengamuk dan membakar Alengka

 

Banyak orang mengatakan jika Candi Prambanan ialah monumen cinta kasih terelok di Tanah Jawa. Bentuknya yang menawan, menjulang langsing mengerucut menembus angkasa, bukti simbol jejak sebuah peristiwa sakral nan mendalam. Namun ada mitos yang beredar jika sepasang kekasih berwisata ke candi Hindu ini:

‘Mereka akan putus hubungan dan menangis bersimbah darah!’

Manakah yang benar dari keduanya? Apakah Candi Prambanan merupakan monumen cinta kasih Rama dan Shinta? Atau, sebuah tanda tragedi telah terjadi di kompleks Candi Prambanan?

SENDRATARI RAMAYANA yang MENGGUGAH

Di luar pertanyaan itu, Candi Prambanan punya hajatan spektakuler menampilkan Sendratari Ramayana yang merupakan pagelaran kolosal menggabungkan seni drama dan tari. Pahatan cerita Ramayanan gubahan Mpu Walmiki yang indah di dinding Candi Siwa, salah satu candi di kompleks Prambanan, ditampilkan oleh ratusan penari dengan sangat indah dan kompak.

Kisah Ramayana merupakan epik kolosal yang tragis ketika cinta seorang Rama berubah sebuah  tragedi yang menyakitkan pada diri Shinta. Semua berawal dari usikan seorang raksasa dari Negeri Alengka yang menyamar seekor kijang emas untuk menculik Shinta. Shinta yang terpesona oleh kecantikan si kijang menyuruh Rama untuk mengejarnya. Nahas, Rama tak muncul pun Lesmana ikut mencari sang kakak. Dan, Rahwana menculik Shinta!

Terbitlah tokoh pahlawan Hanuman sang kera putih yang diutus Rama menyelamatkan Shinta. Hanuman berhasil menggilas Rahwana dan memorak porandakan Istana Alengka. Shinta kembali namun mendapat penolakan dari Rama karena dianggap sudah tidak suci. Shinta kecewa dan melakukan bunuh diri dengan membakar dirinya sendiri! Namun kesucian Shinta telah menggugah Dewa Brahma untuk menolongnya hingga Dewi Shinta tidak terbakar oleh api.
ramayana2

ARAH MENUJU CANDI PRAMBANAN

Sendratari kolosal Ramayana dapat Santap Mania saksikan di Kompleks Candi Prambanan di Jalan Raya Jogja-Solo Km 16 Prambanan di perbatasan Jogja dan Klaten, Jawa Tengah. Mudah sekali mencapai Candi Prambanan yaitu menggunakan TransJogja ataupun kendaraan pribadi dan turun tepat di muka kompleks candi.

JADWAL PERTUNJUKAN

Pertunjukan Sendratari Ramayana ada dua pilihan yaitu panggung tertutup dan terbuka yang dimulai pada jam 19.30 sampai dengan 21.30 WIB.

Terbuka: November hingga April

Tertutup: Mei hingga Oktober

Harga tiket masuk untuk panggung terbuka:

Kelas VIP Rp 350.000
Kelas Spesial Rp 250.000
Kelas 1 Rp 175.000
Kelas 2 Rp 100.000
Kelas Pelajar Rp 30.000

Harga tiket masuk untuk panggung tertutup (Teater Trimurti):

Kelas Spesial Rp 250.000
Kelas 1 Rp 175.000
Kelas 2 Rp 100.000
Kelas Pelajar Rp 30.000

Saksikan pula Pagelaran Akbar dengan menampilkan kisah Ramayana secara penuh pada 25, 26, dan 28 Mei 2014!

Sendratari Ramayana menawarkan pengalaman menikmati pertunjukan seni berkelas di Jogja. Kesan yang akan Santap Mania tangkap layak ditularkan pada orang orang di sekitar Anda. Jangan lupa, setelah itu perburuan kuliner Jogja tidak boleh ditinggalkan!

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>