«

»

Semarak Kuliner Jogja: Gerobag Sapi pun Turut Menikmati Kuliner Jogja

IMG_40659211750829

Semarak Kuliner Jogja merupakan event yg diselenggarakan oleh Sinergi Kompas Gramedia yg tergabung dalam Forum Komunikasi Daerah Yogyakarta. Tema yg diangkat di tahun 2014 ini adalah “Kuliner Khas Jogja”. Tema yg bertujuan untuk melestarikan kuliner khas Jogja sekaligus mengkolaborasikan unsur-unsur tradisional dan budaya khas Jogja. Selain itu, kegiatan ini juga  bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap keluarga dan generasi muda mengenai makanan, minuman, dan jajanan pasar tempo dulu. Semarak Kuliner Jogja akan mengajak para pelaku industri makanan yang sudah melegenda di Yogyakarta. Acara ini akan dikemas dalam bentuk Festival Kuliner. Beberapa Kuliner yang terlibat seperti, Sate Klatak Pak Bari, Bakmi Jowo Mbah Mo, Gudeg Bu Tjitro, Sego Abang Lombok Ijo, Kopi Pak Jo, Pecel Njimatan & Wedang Uwuh Imogiri  dan masih banyak lagi.

Semarak Kuliner Jogja tahun ini bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dalam rangka memperingati HUT Kota Yogyakarta yang ke 258. Selain Festival Kuliner, “PERTUNRA” atau Pertunjukan (untuk) Rakyat, juga ditampilkan. Acara ini berupa penampilan dari “Teater Sego Gurih” dan “Orchestra Akustik” yang merupakan para profesional lulusan ISI Yogyakarta. Pertunjukan ini khusus disuguhkan dalam Semarak Kuliner Jogja yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas.

Rangkaian pembukaan Semarak Kuliner Jogja akan diawali oleh arak-arakan Gerobak Sapi yang akan membawa brand Kompas Gramedia dengan rute dari Jl.Abubakar Ali – Malioboro – Titik Nol KM Jogja – Alun-alun Utara – Pasar Ngasem. Selama arak-arakan gerobak sapi, akan ada pembagian jamu gratis dan bakpia di area titik nol KM Jogja, sekaligus ada kegiatan teatrikal berupa tari-tarian utk mempromosikan event Semarak Kuliner Jogja. Rangkaian pembukaan acara akan diisi oleh penampilan dari Fashhion Carnival (UNY), Bartender Show (UNY), Gamelan Modern dan Jagongan KG yang akan berkolaborasi dgn Teater Sego Gurih yg diprakarsai oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.

Acara pendukung lainnya berupa, Lomba Makan Bakpia, Lomba Menghias Apem, Demo Masak Santika_Amaris dan Demo masak oleh Celebrity Cheff bersama Mobil Nova, Lomba Karaoke, Lomba Fashion Show, Rally Foto Kuliner bersama model, Kumpul Komunitas, Workshop Dolanan Anak & Layang-Layang, Book Fair dan Book Charity.

Beberapa kegiatan yang melibatkan kepesertaan publik akan mengajak peran aktif PKK Kota Yogyakarta, Instansi Sekolah dan masyarakat umum.

Kami berharap dengan terselenggaranya event ini akan terjadi sinergi yang solid antar unit Kompas Gramedia mengingat seluruh panitia Semarak Kuliner Jogja terdiri dari karyawan-karyawan unit Kompas Gramedia yang ada di kota Yogyakarta. Hadirnya Kompas Gramedia di kota Yogyakarta diharapkan tidak menjadi tamu, melainkan ikut terlibat secara aktif membangun negeri melalui karya yang nyata dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

sumber: kompasgramedia.com

Yuk SantapMania, kita semarakkan event ini sambil menikmati kuliner Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>