«

»

SEMAR MENDEM: Jajanan Pasar yang Bikin Mendem (Mabuk)


semar mendem

Entah mengapa jajanan satu ini diberi nama Semar Mendem padahal makan seberapa banyakpun tidak akan membuat “mendem” alias mabuk. Semar merupakan nama salah satu tokoh punakawan dalam pewayangan yang bertubuh gemuk namun sangat bijak. Mungkin karena bentuk kuenya yang gemuk namun di dalamnya terdapat isian daging ayam atau sapi yang lezat maka jadilah Semar Mendem.

Sebenarnya kue ini sangat mirip dengan lemper karena sama-sama terbuat dari bahan ketan dengan isian daging. Namun yang membedakan ialah bahan pembungkusnya. Jika lemper dibalut dengan daun pisang yang tentu tidak dapat dimakan, lain lagi semar mendem dibungkus dengan kulit dari dadar telur yang tentu menambah kenikmatannya.

Dalam satu kali gigitan terdapat bermacam-macam rasa saling beradu saling melengkapi mulai dari gurihnya telur dadar, pulennya ketan, hingga dagingnya yang mantap. Bagi Anda yang memiliki kesibukan yang tinggi, menyantap Semar Mendem mampu mengganjal perut dan mengenyangkan.

Guna mendapatkannya tidak perlu pusing beli dimana karena di mana jual jajanan pasar hampir dapat dipastikan kue ini bisa diperoleh. Berkunjunglah ke pasar pasar tradisional di seluruh Jogja dan santaplah Semar Mendem sampai mendem!

Salam Santap Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>