«

»

SEGO MACAN: Kakak Kandung Sego Kucing Penjemput Waktu Imsak

sego-macan

Setelah menunaikan shalat sunah tarawih, Redaksi Santap Jogja pengin menikmati kopi dan menyantap kuliner Jogja yang lezat sembari ngobrol santai. Biasanya, kita mencari angkringan secara random yang tersebar di seluruh penjuru Kota Jogja. Naik motor, merasai udara malam Jogja yang sejuk, bikin Redaksi bisa mengatakan jika kota ini memang romantis. Ke mana perjalanan kuliner ini akan berlabuh?

Sego Macan!

Dari namanya sudah jelas jika sepertinya ini pesaing dari sego kucing. Biasanya kalau makan nasi kucing porsinya sedikit, warung Sego Macan menambahinya jadi lebih besar. Terletak di depan Fakultas Pertanian UGM, Selokan Mataram, warung ini juga menyajikan kopi yang terkenal yaitu kopi klotok! Cocok sekali bukan untuk mengisi malam Ramadan tahun ini?

KAFE GOLONGAN MENENGAH KE BAWAH

Keakrabanlah yang terpancar dari warung sederhana ini. Muda mudi audah tampak duduk di dalam juga lesehan di tikar tikar yang telah disediakan pengelola warung Sego Macan di luar. Mereka asyik mengobrol dan bercanda ria sembari menikmati nasi bakar andalan dan kopi klotoknya yang harum memikat. Tak sabar, Redaksi masuk ke warung!

Di sini, antrean cukup panjang sehingga Redaksi membutuhkan kesabaran yang tinggi. Iseng iseng, kita mendekati pelayan untuk mendapatkam sedikit informasi tentang warung Sego Macan ini. Ternyata, awal muasalnya warung ini hanya menjual Kopi Klotok pada Januari 2007. Nama ini dipakai yang mencerminkan proses pembuatannya yang berbunyi “klotok klotok” ketika air mendidih bersama kopinya. Karena pengunjungnya membludak dan butuh makanan pengiring, Mas Kancir sebagai pemilik membuat Sego Macan. Warung ini pun populer.

Nasi bakar langsung ada di hadapan Redaksi bersama kopi klotok andalan warung ini. Porsinya memang lebih besar dari sego kucing. Setelah masuk mulut, sambalnya yang pedas bikin melek. Sedap sekali! Santap Mania bisa ikut mencicipi kuliner di sini yang variasinya banyak seperti mie rebus, tempe bakar, sate usus, ceker, dan minuman lainnya milkshake, es blender, minuman berempah dan lain sebagainya.

Warung Sego Macan beroperasi mulai jam empat sore dan telah masuk daftar wisata kuliner Jogja wajib dan berbagai media lokal dan nasional telah meliputnya. Ayo sambil mengisi waktu menjelang imsak, kita nongkrong di sini!

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>