«

»

SAMBEL WELUT “PAK SABAR” BANTUL: Ulegan Sambel yang Menguji Kesabaran Lidah & Perut

Sumber: www.tagtung.com

Sumber: www.tagtung.com

Warung sederhana Pak Sabar di Jalan Imogiri Barat Km. 4, Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul, banyak pengunjung yang datang berombongan. Dinding warung penuh tertempel berita media tentang kelezatan menu racikan Pak Sabar yaitu Sambel Welut. Pula artis terkenal tanah air terpampang foto mereka yang menunjukkan jika kuliner Jogja yang satu ini 

pantas jadi perhatian Santap Mania. Sambel welut kini menjadi target perburuan kuliner
Jogja Redaksi.

ULEGAN yang SPEKTAKULER

Pertemuan Redaksi dengan Pak Sabar sang pemilik warung ini berasa sangat akrab. Pribadi Pak Sabar sangat ramah dan sering melemparkan guyonan yang renyah. Si bapak ini mempersilakan kami untuk memesan menu andalan warungnya yang tertera di daftar menu.

Pun redaksi memesan sambel belut, kutuk, dan minuman teh wasgitel yang wangi, segar, legi
atau manis, dan kental. Suasana pedesaan di warung ini sangat terasa sehingga kami nyaman
untuk menunggu antrean panjang pesanan.

Kami meminta izin untuk mencermati bagaimana proses pembikinan Sambel Welut yang terkenal
dan muncul di acara kuliner Nusantara di televisi dan koran itu. Belut yang sudah dihilangkan durinya lalu diuleg bersama sambal yang berbahan dasar cabai hijau, rempah, kemangi, dan jeruk purut yang menusuk hidung dan terasa kesegarannya. Karena peminatnya yang membludak, warung Sambel Welut Pak Sabar kini memakai alu namun tetap terjaga rasanya sama dengan memakai uleg. Uleg tetap dipakai bersama alu.

MENUJU SAMBEL WELUT

Untuk menuju warung Pak Sabar, Santap Mania arahkan kendaraan ke Jalan Taman Siswa menuju Selatan sampai Perempatan Tungkak. Beloklah ke kanan atau Barat melewati Kali Code. Setelah mencapai pertigaan lampu merah, pilihlah jalan ke kiri atau Selatan dan sampailah di Jalan Sisingamangaraja.

Dari sini, Santap Mania pacu kendaraan ke Selatan sampai Ring Road Selatan sampai Pertigaan Ngoto. Ambil arah kiri atau Timur sampailah di Masjid di kanan jalan. Masuklah ke gang itu yang tertera poster warung Pak Sabar. Saatnya Anda menyantap kelezatan welut khas Pak Sabar.

Warung ini buka dari jam sepuluh siang hingga sepuluh malam. Karena pengungjungnya yang melimpah, harap Santap Mania menyiapkan pula kesabaran. Salam wisata dan santap kuliner Jogja!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>