«

»

SALAK PONDOH TURI: Petik dan Santap Salak Langsung di Tempat Agrowisatanya!

Agrowisata Salak Pondoh Turi

Agrowisata Salak Pondoh Turi

Tak ada kata yang layak Santap Mania berikan selain “luar biasa!”. Bagi kota kebanyakan, salak hanya berupa buah yang kabarnya ampuh menahan laju mencret. Namun oleh warga Turi Sleman, buah salak meningkat gengsinya karena diperluas lagi dengan konsep agrowisatanya. Apa itu agrowisata yang tengah naik daun itu?

Agrowisata Turi Sleman menerapkan kombinasi unik perkebunan salak pondoh yang para pengunjung dan penikmatnya bisa masuk ke kebun, meresapi tiap detailnya, memetik buah dan mencicipinya, dan membeli salak untuk dijadikan oleh oleh kerabat di rumah. Ini bisa dikatakan One Stop Cullinary Adventure. Petualangan Kuliner Sekali Jalan dapat beberapa keuntungan.

SALAK MANIS dan ENAK

Nama pondoh bukan daerah melainkan kebiasaan warga Turi menyebut salah di daerah ini yang rasanya manis dan tidak sepat seperti rasa calon manggar atau mayang kelapa. Jika musim panen, produksi salak pondoh melimpah dan banyak pedagang yang berjejer di jalanan menuju Turi. Namun saat salak jarang panen juga masih banyak ditemui pedagang di jalan.

Bagaimana Untuk Dapat Sampai Ke Agrowisata Salak Pondoh?

Agrowisata salak pondoh ini terletak di Kampung Gadung, Desa Bangunkerto Kecamatan Turi Kabupaten Sleman atau sekitar ± 25 km ke arah utara Yogyakarta. Selain itu, kawasan agrowisata ini juga dapat ditempuh melalui jalan tembus Magelang – Solo di sisi utara Yogyakarta, yaitu jalan yang sama digunakan dimana ada rumah makan ‘Boyong Kalegan’.

Jika ditempuh dari arah Pakem, Jalan Kaliurang, maka lokasi Agrowisata Salak Pondoh ini berada setelah Kecamatan Turi. Tetapi, jika dijangkau dari arah Tempel, Jalan Yogyakarta – Magelang, maka jaraknya sekitar 5 km dari Tempel, sebelum Kecamatan Turi. Untuk lebih mudahnya, anda dapat mengikuti petunjuk yang banyak dipasang di sepanjang jalan bila ingin datang ke kawasan agrowisata dengan jalan beraspal menuju ke arah utara hingga tiba di pintu masuk Taman Agrowisata.

Dan jika anda naik bus, anda dapat menaiki bus jurusan Yogyakarta – Magelang. Setelah itu, anda turun di RSU Murangan atau di depan SLTP 2 Sleman. Dari sana, anda dapat naik angutan umum biasa jurusan argowisata dan anda dapat turun langsung di depan desa wisata salak pondoh.

FASILITAS AGROWISATA TURI

Taman Agrowista Salak Pondoh ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, kolam rekreasi, kolam pemancingan, taman bunga, taman bermain, tempat pertemuan, jalan setapak ke kebun salak pondoh dan kios penjualan salak, dan juga sepeda air.

Tip Saat Berkunjung Ke Argowisata Salak Pondoh

Jika Santap Mania tidak ingin kecewa, ada bulan baik untuk berkunjung ke Argowisata Salak Pondoh, yaitu pada bulan Mei – Juni dan bulan November – Desember. Bila anda datang ke sana di luar bulan tersebut, maka buahnya berukuran kecil-kecil dan jarang.

Dan jika ingin membawa oleh-oleh berupa salak pondoh, Santap Mania harus memastikan bahwa salak yang akan anda bawa tidak akan busuk selama perjalanan. Jadi, saat membeli pilihlah salak yang masih ada tandannya. Selain itu, salak jangan langsung dimasukkan ke dalam tempat yang tertutup rapat karena dapat busuk dengan cepat. Santap Mania dapat meminta keranjang yang terbuat dari anyaman bambu untuk menghindari pembusukan selama perjalanan.

Nah, apakah anda tertarik? Datang saja ke Agrowisata Salak Pondoh di Sleman ini. Santap Mania dapat mencicipi segarnya buah salak pondoh yang menjadi salah satu ikon kota Sleman Yogyakarta dan juga berkeliling kebun yang luas.

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>