«

»

PECEL KEMBANG TURI IMOGIRI: Kuliner Wajib Bakda Ziarah di Makam Raja Raja Mataram

pecel kembangturi

Sudah pernah mengunjungi makam raja raja Kerajaan Mataram di Imogiri, Santap Mania? Di sini, hamparan sejarah besar dari sebuah kerajaan di Tanah Jawa tampak masih terjaga dengan asri. Berziarah ke sini tak ubahnya melakukan reflekai terhadap kejayaan Mataram yang pamornya masih terus dijaga sampai saat ini.

Apa yang paling berkesan dari ritual menyambangi makam raja raja Mataram menurut Santap Mania?

Apakah megah makamnya? Kompletnya makam raja Mataram dari awal hingga sekarang?

Kalau redaksi Santap Jogja punya kesan tersendiri dengan naik naik tangganya yang tinggi dan bikin ngos ngosan hingga harus beberapa kali berhenti untuk istirahat mengambil napas.

KULINER NDESO yang SEHAT

Capek merangkaki tangga terjal, Santap Mania punya penawarnya yaitu kuliner Jogja a la Imogiri bernama pecel kembang turi. Di kawasan makam Imogiri terdapat beberapa penjual pecel kembang turi namun yang terkenal ialah Bu Wied yang terletak di Timur Terminal Imogiri.

Setiap hari terutama Minggu, warung warung pecel di sini ramai pengunjung setelah berziarah. Selain itu, rombongan pesepeda dan komunitas jelajah kuliner juga sering nongkrong makan pecel kembang turi. Apa sih yang bikin pecel satu ini diburu oleh banyak orang?

Pecel kembang turi Imogiri terkenal karena rasanya yang unik. Racikan berupa bayam, daun kenikir, kol, kacang panjang, irisan mentimun, dan kembang turi spesial dokucuri sambel kacang yang warnanya menarik. Tambahan berupa krupuk opak yang berasal dari ketela pohon menambah penampilan pecel jadi wah. Tempw goreng, tahu bacem, atau ayam juga siap Santap Mania tambahkan biar lebih mantap.

Jangan lupa memesan wedang uwuh yang banyak orang mengatakannsebagai minuman sehat karena kandungan rempahnya yang cocok dengan hawa sejuk di Imogiri ini. Santap Mania dan keluarga akan merasa tentram dengan suasana pedesaan yang sejenak melupakan rutinitas sehari hari.

Berkunjung ke makam raja sudah. Makan kuliner Jogja spesial bernama pecel kembang turi rampung. Minum wedang uwuh, finish. Tibalah waktu untuk kembali ke Kota Jogja!

Salam wisata kuliner Jogja!

 

Sumber gambar: eviindrawanto.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>