«

»

PASAR SATWA dan TANAMAN HIAS YOGYAKARTA (PASTY): Surga Para Pecinta Satwa dan Hobi Tanaman Hias

SONY DSC

Sumber gambar: pasty-jogja.blogspot.com

Jalan jalan wisata Redaksi Santap Jogja kali ini ke sebuah pasar satwa dan tanaman hias yang patut Santap Mania pertimbangkan untuk hadir di sini. Tak hari libur, hari biasa pasar ini juga ramai oleh pengunjung yang memang hobi mengoleksi satwa rumahan dan tanaman hias. Semakin jelas joka Kota Jogja layak disandangi “Kota Wisata yang Tak Pernah Matanya Terpejam”.

Dulu, para penjual satwa san tanaman hias berada di Pasar Ngasem yang berada di dekat Keraton Jogja. Namun karena perkembangan kota dan ada rencana pemugaran Kawasan Taman Sari, pun pemerintah kota memindahkan aktivitas pedagang ke Dongkelan, Jalan Bantul km. 1 sebagai usaha menata ulang kota biar lebih ciamik. Usaha pemindahan ini berjalan lancar dan kini PASTY berkembang sangat pesan dan tertata lebih rapih dan nyaman bagi siapa saja yang mengunjunginya.

pasty-jogja 2

Sumber gambar: wayscrapbook.blogspot.com

KICAU BURUNG yang MENENANGKAN JIWA

PASTY mudah Santap Mania temukan karena berada di pinggir Jalan Bantul dan warga Jogja akan membantu apabila butuh bantuan arah. Sesampai di pasar satwa dan tanaman hias ini, redaksi dihadapkan dua pilihan yaitu sisi Timur pasar satwa dan Barat pasar tanaman hias. Namun ketertarikan pada dunia hewan mengakibatkan redaksi masuk ke sisi Timur.

Kicau burung yang riuh seakan menyambut kehadiran redaksi. Berbagai jenis burung piaraan rumah dijual di sini oleh para pedagang yang dengan santun menawarkan jualannya itu. Sama seperti konsep pasar tradisional, pasar satwa ini juga menuntut Santap Mania untuk lihai menawar. Tak cuma burung, ada binatang lain yang lucu dan menggemaskan yang menarik minat redaksi untuk membeli dan merawatnya seperti ikan hias, kucing, anjing, kura kura, ular, dan masih banyak lagi.

Akhirnya, redaksi memutuskan beli satu set akuarium, ikan ikan hias pilihan, dan makanannya. Tak lupa redaksi sempat melakukan wawancara singkat dengan penjual ikan hias bagaimana cara merawat ikan dengan baik. Tanggapan si penjual sangat ramah dan memberi tip berharga dalam memelihara ikan hias. Intinya, antara manusia dan hewan piarannya musti memiliki kedekatan jiwa. Ajaklah hewan piaraan berkomunikasi dan rawatlah dengan membersihkan akuarium berkala dan jangan telat memberi makan. Posisikan ikan sebagai sahabat dekat.

Mengelilingi PASTY di sebelah Timur tak bikin bosan karena banyak kejutan yang ada di sini. Kemeriahan pasar dengan hewan dan penjualnya yang akrab menjadikan redaksi betah menikmati keajaiban bernama pasar satwa. Setelah hampir dua jam, redaksi mencari sarapan yang ternyata PASTY juga menyediakan fasilitas warung makan yang murah meriah dan enak. Tempatnya bersih dan nyaman yang tak membuat canggung redaksi karena berada di pasar satwa. Kuliner Jogja sederhana khas PASTY berupa nasi soto siap mengenyangkan perut sembari menikmati aktivitas tawar menawar para pengunjung dan pedagang.

Selamat berwisata di PASTY, Santap Mania!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>