«

»

PASAR BERINGHARJO: Pasar Tradisional Termolek di Nusantara

 

 

Sumber gambar: http://media-kitlv.nl

Sumber gambar: http://media-kitlv.nl

Siapa yang tidak mengenal Pasar Beringharjo yang berada di ujung Jalan Malioboro yang tersohor di dekat Gedung Agung dan Benteng Vrederburg?
Jika Santap Mania yang menggemari Kuliner Jogja belum pernah menginjakkan kaki Anda ke Pasar Beringharjo, selayaknya Anda membanting stir mobil dan segeralah berwisata belanja batik, kerajinan etnik, dan kuliner Jogja di pasar yang dijuluki sebagai “Pasar Termolek di Indonesia” ini.
Penataan yang rapih, wisata belanjanya yang lengkap, aroma budayanya yang kental dengan para pedagang dan penjual yang berinteraksi secara kekeluargaan merupakan ciri khas Pasar Beringharjo. Siapa saja yang pernah masuk ke pasar ini dijamin betah dan suatu saat akan kembali lagi untuk membeli batik atau sekadar nongkrong di tempat keren ini.

AWAL MULA PASAR BERINGHARJO

Pasar Beringharjo merupakan satu dari empat pilar ekonomi Jogja “Catur Tunggal”: Keraton, Alun alun Utara, Malioboro, dan Beringharjo. Segala aktivitas ekonomi Jogja berpusat di sini yang memberi penghidupan dan menggerakkan roda ekonomi di seluruh Jogja.

1758 tahun berdirinya Beringharjo jadi sudah hampir tiga abad pasar ini melayani warga Jogja. Pemberian nama ‘Beringharjo” oleh Sultan Hamengku Buwono IX pada 1925 yang memiliki makna pohon beringin yang makmur, harjo. Seperti kita ketahui, pohon beringin berbatang kuat dan dedaunan yang rimbun tanda mengayomi seluruh masyarakat. Sungguh filosofis yang dalam berkaitan dengan Beringharjo bukan?

WISATA BELANJA yang UNIK dan ASYIK

Jangan segan untuk berbelanja batik di lantai satu, merasai sibuknya pusat belanja jejamuan tradisional di lantai dua, atau menikmati bertransaksi sayur mayur dan kerajinan etnik di lantai tiga. Beringharjo sangat lengkap dan memanjakan diri Anda sekeluarga.

Tidak boleh Anda lupakan: Kuliner Jogja di Pasar Beringharjo. Di sini kita bisa merasai Pecel Senggol di gerbang Beringharjo, gule sedap di lantai tiga, atau wisata kuliner Jogja lain yang mengasyikkan.

Tunggu apa lagi, Santap Mania? Ayo berkunjung ke Pasar Beringharjo!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>