«

»

PASAR BERINGHARJO: Murah Meriah bagi Pemburu Batik & Kerajinan Etnik

beringharjo2

Jika Santap Mania sedang berada di Malioboro untuk berbelanja souvenir batik dan pernak pernik unik etnik, ada baiknya Anda meluncur ke arah Selatan di ujung Jalan Malioboro. Tepatnya di samping Benteng Vrenderburg dan depan Gedung Agung-Istana Kepresidenan Republik Indonesia-terdapat Pasar Beringharjo yang wajib Anda kunjungi.

Pasar Beringharjo sebenarnya sebuah pasar transaksi tradisional lengkap yang di situ dijual berbagai kebutuhan pokok seperti sayur mayur, beras, buah buahan, perkakas rumah tangga, dan lain rupa. Namun citra masyarakat yang melekat adalah Pasar Beringharjo adalah Pusat Belanja Batik karena itulah produk andalannya.

SEJARAH BERINGHARJO

Sejarah berdirinya Pasar Beringharjo yaitu pada  1758 ketika Sultan Hamengku Buwono IX memperkenalkan sebuah tempat di pusat kota untuk warga memperjualbelikan apa yang mereka miliki. Seiring perkembangan zaman, Pasar Beringharjo dibangun secara permanen pada 1925.

Pasar Beringharjo saat ini merupakan pasar berskala nasional yang pada 2013 didapuk sebagai Pasar Terbaik Nasional yang terdiri dari empat lantai.

1. Lantai 1: Koleksi batik yang lengkap,pakaian jadi, batik bahan sutra, chiffon sampai katun. Selain itu, ada juga blangkon, tas, sendal dengan motif batik.
2. Lantai 2: Bahan dasar jamu dan rempah-rempah herbal.
3. Lantai 3: Kerajinan antik.
4. Lantai 4: Kerajinan tangan yang menarik diantaranya tas anyaman, sandal etnik, dan perkakas tradisional. Selain itu, lantai ini terdapat pasar buah dan sayur mayur.

beringharjo

TIP BERBELANJA MURAH

Belanja di Pasar Beringharjo gampang gampang susah. Perlu teknik tersendiri agar Santap Mania tidak terjebak dan kecewa akan kualitas barang yang dijual. Inilah beberapa tip untuk mendapatkan barang berkualitas wahid namun murah meriah.

A. Pakailah Bahasa Jawa untuk mendekatkan diri dengan penjualnya.
Meskipun sudah banyak pedagang dari etnis lain seperti Padang dan Tionghoa, namun menggunakan Bahasa Jawa akan menjadikan transaksi kita akrab dan penjual tidak menawarkan dengan harga selangit.

B. Strategi Belanja Saat Awal Buka dan Menjelang Tutup
Pasar Beringharjo buka jam 9 dan tutup jam 4 sore. Gunakan strategi untuk merebut hati penjual pada jam tersebut. Dijamin Anda akan mendapat harga pembuka dan penutup yang ramah di kocek Anda.

C. Menawar 1/3 dari Harga Semula
Singkirkan perasaan tidak enak ketika berbelanja di Pasar Beringharjo. Buka penawaran Anda dengan  harga sepertiganya karena penjual sudah menaikkan harga terlebih dahulu.

D. Belilah dengan Jumlah Banyak
Sifat Pasar Beringharjo adalah grosir. Semakin banyak Anda membeli, semakin turun harganya. Coba Anda buktikan dengan memborong batik!

E. Belanja Keroyokan
Penjual di Pasar Beringharjo suka kalau Anda membawa teman banyak karena dagangannya akan laku banyak.

F. Berpura pura Meninggalkan Kios jika Tawaran Gagal
Cara ini paling jitu untuk mempermainkan penjual yang masih kukuh dengan harga yang ditawarkannya. Pakailah trik ini dan berganti ke kios lain, pasti penjual memanggil Anda untuk menurunkan bahkan menyetujui harga Anda.

Bagaimana dengan tip dan trik berbelanja ini? Mari Anda buktikan sekaligus memborong batik di Pasar Beringharjo!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>