«

»

OMAH DHUWUR KOTAGEDE: Resto Elit di Ibukota Kerajaan Mataram

Sumber gambar: omahdhuwur.com

Sumber gambar: omahdhuwur.com

Kotagede punya segudang potensi yang layak Santap Mania kunjungi. Pusat pemerintahan Kerajaan Mataram ini menyimpan memori sejarah yang adiluhung dengan bangunan tempo doeloe dan kawasan keraton yang masih terawat hingga saat ini. Selain itu, Kotagede menghasilkan kerajinan perak seperti perhiasan, ornamen unik untuk rumah, dan hiasan artistik yang musti Santap Mania koleksi.

Kemegahan Kotagede yang merupakan perpaduan unsur tradisi Jawa dan kolonial membuat Redaksi Santap Jogja ingin menelusuri lebih jauh kota kuno yang anggun ini. Kuliner Jogja di Kotagede lah yang ingin kita cicipi untuk Redaksi laporkan ke hadapan Santap Mania. Nah, Resto Omah Dhuwur jadi pilihan malam ini.

omah dhuwur3

Chef memasak secara live
Sumber gambar : omahdhuwur.com

omah dhuwur1

Kesegaran minuman ala tradisional
Sumber gambar: omahdhuwur.com

OMAH DHUWUR

Malam semakin menanjak di Kotagede. Pancaran sinar rembulan menghangatkan jiwa jiwa teduh di kota ini. Nuansa Jawa yang kental menjadikan Redaksi nyaman dan ingin semakin menyusuri Kotagede yang punya sejarah panjang dan bermakna. Roda sepeda motor mengarahkan Redaksi ke sebuah resto unik yang bisa disebut punya “nyawa kuliner” yang elok.

Omah Dhuwur dalam bahasa Jawa berarti rumah tinggi. Restoran ini menggabungkan arsitektur Belanda dan Jawa yang mengingatkan Redaksi pada era Mataram pada 1740 tampak dari sisi bawah yaitu joglo dan era Kolonial Belanda pada 1900an yaitu bangunan atas yang bebentuk ruah deco. Nama Omah Dhuwur diberikan oleh masyarakat Kotagede karena letak bangunan resto yang lebih tinggi dari rumah mereka. Resto yang kali pertama buka pada 2002 ini mengusung tiga format kuliner yaitu tradisional, nasional, dan western.

MENU FAVORIT

Menu di Omah Dhuwur yang terletak di Jalan Mondorakan tepatnya di seberang tokok perak HS Silver ini beraneka ragam. Seperti tertampil di daftarnya yang Redaksi pegang, ada beberapa menu yang merupakan pilihan atas menu tradisional dan internasional. Foto foto yang tampak sangat meyakinkan dan membuat Redaksi bergairah untuk memesan dan segera merasakannya.

Appetizer di antaranya adalah Calamari, Tom Yam, Thai Style Salad, dan OD MiX Salad. Cobalah Santap Mania merasakan menu tradisional seperti Nasi Goreng Tradisional, Sop Buntut a la Omah Dhuwur, Mie Udang, atau Ayam Goreng Sere. Pilihan ini layak Santap Mania pesan!

Atau, Santap Mania mau memilih menu internasioal seperti Lobster Termidore, Spaghetti Served with Garlic, Chicken Cordon Bleu, atau OD Sea Food? Semuanya siap memberikan sensasi lebih bagi Santap Mania dan sekeluarga!

Tertarik untuk lebur dalam suasana Resto Omah Dhuwur dan Kotagede yang mengagumkan? Sila Anda meluncur ke lokasi dan resto buka pukul 11 siang sampai 22 malam. Ceritakan pada sobat tentang kuliner Jogja yang satu ini!

Salam wisata kuliner Jogja!

3 comments

  1. dekatpantai

    Menarik banget, bentar lagi puasa nih, ada menu khusus buka puasa nggak?

    1. santapjogja

      menu buka puasa pasti ada dong, besok pas bulan puasa kami update lagi infonya. Oh iya, khusus bulan puasa santapjogja.com juga menyajikan menu info kuliner puasa looohh tetap menyimak ya

  2. TRI PRAYOGA ERYAWAN

    berapa kisaran harganya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>