«

»

MERAPI: 7 Fakta Menakjubkan Gunung Anggun yang Berbahaya

 

Merapi dilihat dari Magelang tahun 1920 sumber: http://media-kitlv.nl

Merapi dilihat dari Magelang tahun 1920
sumber: http://media-kitlv.nl

 

“Saat Merapi tenang, ia menampakkan keanggunannya. 

Tenang dan berwibawa bak seorang raja duduk di singgasana empuknya.

Namun jangan dikata kalau ia sedang menggeliat karena suatu sebab yang membuatnya berontak.
Merapi mengamuk dan seluruh penjuru negeri berdenyut jantungnya.”

Dunia menahbiskan Gunung Merapi sebagai “Decade Volcanoes” atau Gunung Berapi Dekade ini. Keaktifannya yang luar biasa dengan siklus meletus 2 – 5 tahun, sejak 1548 tercatat sudah lebih dari 70 letusan besar,menyebabkan para peneliti berbondong bondong menelaah tentang gunung yang puncaknya berada 2.968 meter di atas permukaan laut ini. Merapi gunung api teraktif di Indonesia merupakan sebuah objek ilmiah yang bermanfaat untuk dikaji baik dari segi geologi maupun pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat Jogja.

SINGGASANA MERAPI

Sejenak kita mengenal Merapi dari lokasinya berada yaitu:
– Lereng Selatan: Kabupaten Sleman, DIY
– Lereng Barat: Kabupaten Magelang
– Lereng Utara dan Timur: Kabupaten Boyolali
– Lereng Tenggara: Kabupaten Klaten

Merapi
FAKTA HEBAT MERAPI

Sejarah telah membuktikan jika Gunung Merapi telah meletus lebih dari tujuh puluh kali dalam kurun waktu lima abad. Ini diikuti dengan jumlah korban jiwa dan kerugian yang ditanggung oleh warga di sekitar Merapi. Berikut fakta mencengangkan Gunung Merapi yang bisa kita simak.

1) Letusan Merapi pada 1872 tercatat sebagai erupsi terkuat dalam catatan geologi moderen dengan skala 3-4 VEI. Oleh geologis Belanda, Van Bemmelen, letusan ini menyebabkan pusat Kerajaan Medang atau Mataram Kuno harus berpindah ke Jawa Timur.

2) Siklus erupsi Merapi meliputi letusan kecil setiap dua atau tiga tahun, letusan besar tiap 10-15 tahun, dan letusan sangat besar tiap 50-60 tahun.

3) Pemerintah DIY membangun pusat pengamatan Gunung Merapi yang mengamati setiap aktivitasnya secara nonstop.

4) Bagian puncak Gunung Merapi tidak pernah ditumbuhi vegetasi karena aktivitasnya yang sangat tinggi.

5) Gunung Merapi dianggap sakral dengan daya supranatural yang memberikan energi positip bagi penduduk setempat. Tiap tahun seorang imam membuat persembahan agar seluruh Jogja mendapatkan keselamatan.

6) Di kaki Gunung Merapi terdapat komoditas salak unggul nasional yang bercitarasa sangat lezat yaitu salak pondoh dan nglumut.

7) Gunung Merapi juga merupakan objek wisata unggulan yang meliputi Taman Nasional Gunung Merapi, wisata riset ilmiah, wisata Kaliurang, Wisata Salak, dan Wisata Pendakian dan Penelusuran Kali.

Tentu Santap Mania sudah tidak sabar untuk bertamsya ke Gunung Merapi menikmati keanggunan dan kedahsyatannya? Kuliner Jogja di sini juga ada yaitu Jadah Tempe Mbak Carik yang melegenda.

Ayo cepat cepat putuskan untuk menganggarkan waktu ke Gunung Merapi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>