«

»

LESEHAN MALIOBORO: Romantisme Kuliner di Temaram Jantung Kota Jogja

Lesehan-Malioboro

Lesehan Malioboro

Malioboro ialah kesyahduan. Jalan yang memanjang antara Stasiun Tugu dan Keraton Jogja ini membentangkan seribu satu kisah yang sulit bagi siapa saja pernah mencecapinya. Tak kenalkah Santap Mania dengan penjaja kerajinan etnik murah meriah sepanjang kanan kiri Jalan Malioboro? Atau, Pasar Beringharjo yang setia melayani pecinta batik Nusantara untuk berwisata belanja? Belum lagi, pusat pemerintahan dan museum yang memberi makna jika Jalan Malioboro juga tempat pendidikan sejarah? Malioboro bisa jadi jalan terlengkap di Tanah Air sehingga Santap Mania wajib mengunjunginya dalam urutan pertama wisata.

PENGAMEN, KULINER, & TIP MAKAN

Sore menjelang dalam warna langit nilanya. Jogja yang sedari pagi riuh, tetap terjaga keramaiannya menyisakan orang orang pemburu oleh oleh khas Jogja. Jalan Malioboro masih padat oleh kendaraan dengan derunya yang bising. Namun, Jogja memiliki cara lain menghibur wisatawannya: delman!

Delman juga becak berada di sisi Utara jalan. Pengemudinya menawarkan jasa untuk mereka yang ingin merasai atmosfer Jogja sampai malam nanti. Senyum ramah dari pak kusir tak henti hentinya diumbar pada Santap Mania. Dengan ongkos keliling kota yang murah, cerita eksotik Jogja siap diceritakan pada sanak kadang di rumah.

Usai ikut pak kusir yang mengendarai kuda, sempatkan waktu Santap Mania melengkapi belanja biar puas. Banyak alternatif toko batik dari kelas murah hingga eksklusif, kerajinan di sepanjang Malioboro, atau busana termutakhir di mal. Tidak boleh Santap Mania luput memilih, ya! Ingatlah jika kenang kenangan dari Jogja akan jadi kebanggaan saudara saudara di kampung halaman.

Waktu terus bergulir berganti malam dan Santap Mania pasti kelaparan setelah sibuk berbelanja. Tenang saja, kuliner Jogja khususnya di Malioboro siap sedia dengan P3K nya. Pertolongan Pertama Perihal Kuliner. Jalan Malioboro semakin malam ramai dengan kuliner meliputi lesehan burung dara, gudeg, bakso, dan aneka jajanan yang bebas Santap Mania pilih. Sebagai tip yang biasanya pengunjung banyak kecewa akan harganya, sebaiknya Santap Mania melakukan hal berikut.

1. Pilih warung lesehan yang memajang daftar harga
2. Jika tidak ada harganya, tapi Santap Mania tertarik, jangan segan bertanya pada penjualnya.
3. Siapkan uang receh agar nikmatnya makan Santap Mania tak terganggu oleh pengamen
4. Santap makanan dengan tersenyum.

Spot terakhir setelah nikmat bersantap ialah Kilometer Nol. Di sini, biarpun jam sudah menunjukkan pukul dua belas, Santap Mania akan mendapatkan suguhan keren. Anak anak muda dan orang tua nongkrong menghabiskan malam sembari berfoto foto. Panorama indah di sekitar Gedung Bank Indonesia siap jadi latar foto. Bagaimana tertarik dengan ulasan ini? Ayo segera ke Malioboro!

Salam wisata kuliner Jogja!

Sumber gambar: panduanwisata.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>