«

»

LEMPER TALAS GUNUNGKIDUL: Alternatif Pengenyang Perut dari Bumi Tandus

sumber gambar: andrelanjalan.com

sumber gambar: andrelanjalan.com

Gaya hidup masyarakat Nusantara kini telah kembali ke makanan sehat tradisional. Jenis makanan siap saji yang beberapa dekade silam digemari sekarang berganti dengan santapan kuliner Nusantara yang lebih sehat dan bercitarasa elok dan nikmat.

Nenek moyang Nusantara telah lama mengenal dan mengonsumsi talas sebagai makanan pokok dan tambahan yang menunjang kehidupannya. Kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin yang tinggi sangat bermanfaat bagi kebugaran masyarakat. Talas memiliki berbagai manfaat diantaranya:

– Pelepah daunnya sebagai bahan makanan, obat, dan pembungkus makanan.
– Daun, sisa umbi, kulit umbinya digunakan sebagaipakan ternak dan ikan baik sebelumnya difermentasi ataupun secara langsung.
– Talas berfungsi sebagai penghijau lahan kering.

talas

Jika Anda berada di Kawasan Gunungkidul, meluncurlah ke Desa Bobung. Di situ, Anda akan mendapatkan pengalaman kuliner Jogja yang menarik yaitu mencicipi Lemper Talas. Desa wisata penghasil topeng kayu ini mampu mengubah talas yang kurang dikenal masyarakat menjadi santapan yang gurih dan mengenyangkan.

Kuliner Jogja yang satu ini membuat pencernaan Anda lebih sehat dengan lemaknya yang rendah. Jangan sampai Anda lupa untuk menyantap kuliner Jogja yang satu ini!

Salam wisata dan santap kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>