«

»

KUE SAGON: Melintas Zaman, Tradisional yang Berkibar Lagi

timthumb

Jalan jalan ke daerah Wonosari, Redaksi Santap Jogja menemukan kue tradisional yang telah melewati banyak generasi dan kini tetap bertahan dari gerusan zaman. Namanya kue Sagon. Dalam benak redaksi timbul pertanyaan tentang asal muasal nama kue itu.

★ Apakah dari kata sagu?
★ Atau, kue ini berasal dari Kota Saigon di Vietnam?

Akhirnya pikiran itu tidak terlalu redaksi gubris karena keinginan mencoba kue ini sudah begitu kuat. Kali ini redaksi tengah berada di Jl. Wonosari km. 7, Wiyoro Lor RY 03, Kelurahan Baturetno, Banguntapan, Bantul. Untuk mencapai tempat ini memang butuh ekstra sabar karena rada jauh dari pusat kota. Namun semua itu hilang ketika obrolan dengan pemilik warung kue sagon menguasai siang ini. Keramahan tercipta hingga redaksi nyaman.

Kue sagon terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa tua atau muda, sedikit garam, dan gula pasir yang dipanggang sehingga menghasilkan penganan krispi. Ketika gigi redaksi menggigitnya, timbul suara kres. Rasa manis dan gurih masuk ke lidah seketika. Enak sekali! Lalu kopi hitam muncul menambah kegemiraan redaksi.

Pengin mencoba kue sagon yang kini tengah naik daun kembali dan digemari para pemburu kuliner Jogja? Susul redaksi di sini, ya ….

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>