«

»

KOLAK PISANG: Ternyata Asal Nama Kolak Seperti Ini!


kolak

Inilah makanan paling populer setiap bulan puasa. Di setiap pasar tiban Ramadan pasti banyak yang menjajakannya. Pada saat buka puasa tiba, kurang lengkap rasanya tanpa kehadiran kolak. Mengapa bisa sedemikian hebat popularitasnya?

Ternyata bukan hanya karena rasanya yang manis. Konon tradisi makan kolak berawal dari jaman Wali Songo menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Agar dalam penyebarannya menarik dan mudah dipahami masyarakat, maka pada bulan Ramadan dibuatlah kolak yang berasal dari kata Khalik atau sang pencipta. Menyantap kolak saat berbuka berarti mendekatkan diri kepada sang pencipta.

MAKNA TIAP BAHAN

Bahan utama untuk membuatnya sangatlah sederhana dan mudah diperoleh seperti pisang, ketela, kolang-kaling, maupun nangka. Dipilihnya pisang sebagai bahan utama bukanlah tanpa arti.  Pisang yang diolah merupakan pisang kepok (kapok), artinya kita harus kapok atau bertobat atas dosa yang pernah dilakukan. Sedangkan ketela atau telo pendem berarti mengubur segala kesalahan yang telah lalu. Jadi berbuka puasa dengan kolak harapannya kita bisa menjadi semakin dekat sang Khalik dan memendam segala dosa serta kesalahan yang telah diperbuat.

Tentu tak hanya bulan puasa saja Santap Mania ingin menyantap kolak bukan? Ayo bikin dan ceritakan pada Redaksi Santap Jogja di sini, ya!

Salam Santap Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>