«

»

KLEPON, CETHIL, LOPIS: Tiga Serangkai yang Legendaris

klepon
Masih ingatkah Santap Mania dengan ketiga jajan pasar ini? Dulu di era 90an, makanan ini populer bagi anak-anak yang suka jajan karena hampir tiap sore selalu ada ibu-ibu setengah baya menjajakannya dengan membawa tenggok bambu sambil berjalan kaki. Anak-anak sangat suka dengan klepon yang manis, cethil yang kenyal dan warna warni, serta lopis yang bikin kenyang.

1. Klepon
Hati-hati jika Santap Mania makan klepon! Seperti sedang menyantap ranjau. Tampilannya yang hijau dibalut dengan parutan kelapa memberi kesan imut namun berbahaya jika Anda santap. Ketika Anda enak menikmati dagingnya yang lembut, tetiba ledakan itu terjadi! Cairan gula merah di dalamnya muncrat menimbulkan sensasi yang wah.

Dibuat dengan bahan baku tepung ketan dan air daun pandan yang memberi warna hijau, rahasia kenikmatan klepon memang dari cairan gula merah yang ada di dalamnya.

2. Cethil
Dalam bahasa Jawa, cethil artinya pelit. Namun Anda tidak usah menyangka jika makan cethil akan berubah jadi orang pelit. Arti pelit di sini jika Anda menyantap cethil tidak ada pikiran Anda untuk membaginya karena saking lezatnya.

bubur cethil

Cethil terkenal dengan kekenyalan dan rasanya yang memberi sensasi bagi penikmat kuliner. Tampilannya yang warna warni menambah selera untuk segera menuntaskan santapan. Bahan utamanya berasal dari tepung tapioka seperti halnya klepon dibalur dengan parutan kelapa.

3. Lopis

lopisHabis menyantap klepon dan cethil masih perut Anda belum terpuaskan? Hajar saja dengan kue yang satu ini: Lopis. Dengan bahan baku beras ketan dibuat menyerupai lontong, lopis dihidangkan dengan juruh atau kuah yang berasal dari gula merah.

Pertanyaannya sekarang dimanakah kita bisa memperoleh jajanan yang sudah cukup langka ini? Berdasar pengalaman Redaksi Santap Jogja, pasar tradisional semacam Beringharjo, Demangan, Ngasem, ketiga makanan ini masih dapat diperoleh. Penasaran ingin menyantapnya atau sekedar pengin nostalgia jajanan masa kecil?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>