«

»

KIPO: Kotagede Punya Penganan

kipo

Kipo akan bikin kepo Anda Santap Mania. Jajanan asyik ini bisa ditemui di Kotagede sebagai sentra pembuatan kipo. Tidak jauh dari Kota Jogja, kok.

Asal mula kata kipo dari ucapan “Iki opo? Ini apa?’. Hal ini diakibatkan setelah makan jajanan itu orang pasti bertanya tentang cara pembuatan, bahan dasar, dan memancing pertanyaan seru lain.

APA ITU KIPO?

Kulit kipo dibuat dari tepung ketan dan jika ingin berwarna hijau diberi pewarna daun suji. Isinya berupa kelapa muda yang dicampur gula Jawa kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar. Baunya harum dan membangkitkan selera makan.

Perajin kipo ada beberapa yang terkenal yaitu Bu Djito, Bu Muji, dan Bu Amanah di Kawasan Mondorakan, Kotagede.

Salah satu kios yang menjual kipo di antaranya Bu Djito yang beralamat di Jalan Mondorakan nomor 27, Kotagede, Yogyakarta. Letaknya di sebelah barat pasar Kotagede sekitar 500m di pinggir jalan. Kios ini buka jam 05.00-17.00.

Lebih menantang jija Anda mencarinya di seputaran Pasar Kotagede sekaligus bereksplorasi mengelilingi kota bersejarah yang dahulu merupakan ibukota pertama Kerajaan Mataram.

Salam Santap Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>