«

»

KERIPIK BELUT GODEAN: Si Licin jadi Camilan yang Kaya Gizi

Kripik belut

Sempatkan Santap Mania untuk berjalan jalan ke daerah Godean karena kuliner Jogja bernama Keripik Belut lezat akan menantang hasrat petualangan kuliner Anda. Biasanya, orang jijik melihat tampang belut yang licin seperti ular. Namun oleh warga Godean, belut disulap jadi penganan renyah yang enak dan gurih. Di pasar Godean berjajar-jajar penjual keripik nikmat ini. Mau tahu kandungan gizi apa saja dari keripik belut?

KANDUNGAN GIZI

Kandungan energi dalam 100 gram daging belut sangat tinggi yaitu 303 kilo kalori. Jika dibandingkan dengan telur dan daging sapi, belut jawaranya. Itu belum termasuk zat zat penting yang dibutuhkan tubuh ada dalam belut.
1. Protein

Zat ini berfungsi untuk mengganti sel sel tubuh yang rusak sehingga dapat normal kembali dan menopang aktivitas Anda sehari hari. Kandungan protein belut lebih tinggi dari telur dan setara daging sapi yaitu 18,4 gram/100 gram belut.

2. Leusin

Leusin mampu merombak dan membentuk protein otot.

3. Arginin atau Asam Amino non Esensial
Arginin dapat memengaruhi hormon pertumbuhan manusia yang sering disebut dengan human growth hormone (HGH). HGH dapat membantu kesehatan otot dan mengurangi terjadinya penumpukan lemak tubuh. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan bahwa arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

4. Zat Besi

Tiap 100 gram daging belut, Anda akan mendapatkan zat besi senilai 20 mg. Kandungan ini lebih tinggi dibandingkan dengan zat besi pada telur dan daging. Dengan mengonsumsi 125 gram daging belut per hari sudah dapat memenuhi kebutuhan akan zat besi yakni 25 mg per harinya. Zat besi ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah anemia.

5. Fosfor
Belut juga sangat kaya akan fosfor dan nilainya bisa dua kali lipat dibandingkan kandungan fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Karena itu, konsumsi fosfor harus berimbang dengan kalsium agar tulang menjadi kokoh dan kuat sehingga terbebas dari osteoporosis. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat umumnya (sekitar 80 persen) berada dalam tulang dan gigi.

6. Vitamin
Vitamin A dan vitamin B pula terdapat dalam daging belut. Kandungan vitamin A-nya termasuk tinggi yakni 1.600 SI per 100 gram sehingga sangat baik untuk pemeliharaan sel epitel. Sementara vitamin B sangat bermanfaat untuk kofaktor dari suatu enzim sehingga enzim tersebut dapat berfungsi normal di dalam proses metabolisme tubuh

belut_godean

Tunggu apa lagi, Santap Mania? Segera pacu kendaraan Anda menuju Jalan Godean dan borong berkilo kilo keripik belut yang super enak itu!

Salam wisata dan santap kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>