«

»

KEDAI RUMAH POHON “MAS DEWO“: Berani Menikmati Kuliner a la Tarzan?

rumahpohon

Otentik kata yang tepat untuk menyebut sebuah kedai yang konsepnya mendekat ke alam berupa bangunan bambu dan kayu bertingkat enam di Kawasan Blunyahrejo. Di sini, Santap Mania pasti takjub dengan panorama yang manajemen “Kedai Rumah Pohon“ tawarkan selain menu santapannya yang mendukungnya. Bagi Redaksi Santap Jogja, kedai unik ialah spot unik yang wajib Santap Mania coba bersama keluarga, kekasih, dan sobat sepermainan. Tak ada kerugian berada di tempat ini karena suasananya yang mengasyikkan dan nyaman.

MENIKMATI KULINER di KETINGGIAN

Kuliner Jogja memang bervariasi dan menawarkan rasanya yang spektakuler. Namun itu tidak cukup karena citarasa yang yummy jika tidak ditambah dengan faktor unggul lain akan mudah tergulung oleh kuliner baru yang lebih mantap. Patut Santap Mania ketahui jika persaingan bisnis kuliner Jogja sangat ketat. Siapa lengah, kehilangan pelanggan. Nah, Redaksi Santap Jogja menawarkan informasi kuliner Kedai Rumah Pohon yang sip baik kelezatan masakannya dan suasana yang ditawarkannya.

Menuju lokasi kuliner andal ini cukup mudah karena terletak di pusat Kota Jogja. Tugu Jogja pasti Santap Mania tahu kan? Pacu kendaraan ke arah Utara sejarak sekilo hingga menemui perempatan lampu lalu lintas Jetis. Beloklah ke Barat sampai Jalan Woltermongisidi telah tampak bangunan menjulang berbahan dasar bambu dan kayu. Lokasi tepatnya beralamat di  Blunyah Rejo TR II/808. Mudah dicari bukan?

Rumah Pohon sudah ada di depan mata. Bayangan redaksi mengatakan jika kedai keren ini mengubah penyantapnya bak Tarzan yang bergelantungan di pohon. Memang benar ketika redaksi masuk, para pramusaji menyambut hangat, tampak berbagai tanaman hijau yang menyegarkan mata. Pun waktu naik ke lantai atas, Santap Mania bisa melihat panorama Kota Jogja yang elok, pegunungan Menoreh, Merapi, Merbabu, dan Sumbing. Jogja dari pandangan ketinggian tetap menarik.

Nasi Guendheng - Kedai Rumah Pohon

Nasi Guendheng – Kedai Rumah Pohon

LEZAT MASAKANNYA

Kedai Rumah Pohon dibuka oleh Bambang Sadewo yang akrab dipanggil Mas Dewo pada 2009 dan langsung menuai respon positip pemburu kuliner Jogja. Menu yang ditawarkan di tempat ini adalah menu khas Jawa dengan harga terjangkau. Menu yang menjadi unggulan di Kedai Rumah Pohon ini adalah Gurameh Bakar dan Iga Bakar. Selain itu ada pula menu lain seperti Brongkos Kraton, Iga Brongkos, Tongseng Kambing, Gulai Goreng, Sate Udang, Empal Gepuk, Pepesan dan Penyetan, Sayur Asam, dan Jamur Tiram Tepung.

Ada pula menu yang namanya unik, yaitu Nasi Guendheng, yaitu nasi dan sayur seperti Capcay tanpa sawi dan wortel, dicampur dengan irisan cumi, udang, telor, daging sapi, dan sosis sapi. Disediakan pula beragam sambal yang rasanya mantap seperti Sambal Leak dan sambal Bawang.

Es Teller 21 - Kedai Rumah Pohon

Es Teller 21 – Kedai Rumah Pohon

Untuk minuman yang palling terkenal dan menjadi idola para pengunjung adalah Es Teler 21. Selain itu ada pula menu Wedhang Kraton yang merupakan minuman herbal yang terbuat dari kayu manis, jahe merah, serai, dan jeruk nipis, yang dapat menghangatkan tubuh. Ada pula aneka Jus Kecantikan, Jus Singset, dan aneka jus buah.

Menu yang ditawarkan adalah menu khas Jawa dengan harga terjangkau. Coba cicipi Nasi Guendheng, menu nasi dan sayur seperti Capjay tapi tanpa wortel dan sawi, ditambah irisan daging, cumi, telor, udang dan sosis sapi. Harganya Rp 15.000. Coba juga Brongkos Kraton, Iga Bakar dan Gurami Bakar-nya.

Minumannya, coba Wedang Keraton, minuman ramuan herbal yang terbuat dari jahe merah, kayu manis, secang, jeruk nipis, dan serai. Selain sebagai obat, juga menghangatkan tubuh.

Kedai Rumah Pohon ini buka setiap hari dari jam 09.30 – 21.30 WIB.

Ayo nikmati suasana dan kuliner khas Kedai Rumah Pohon. Salam wisata kuliner Jogja!

 
Sumber gambar: http://www.sirihmerah-rumahpohon.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>