«

»

KAMPUNG GUDEG WIJILAN: Jejeran Warung Gudeg Percis Sentra Penjual Celana Jeans

image

Gudeg adalah makanan khas dan andalan Jogjakarta sebagai Kota Wisata sekaligus Tujuan Kuliner termahsyur di Nusantara. Menu masakan yang bercitarasa manis dan gurih ini terdiri dari sayur gori, sambal krecek, areh, dan lauk yang tergantung selera pengunjung bisa berupa telur, daging ayam, ataupun tempe dan tahu bacem.

Jika Anda kesulitan mencari tempat makan gudeg yang tersebar di seluruh Jogja, Kampung Gudeg Wijilan jadi pilihan yang tepat. Letaknya tidak jauh dari Keraton atau sebelah Selatan dari Alun-alun Utara. Setelah Anda sekeluarga berwisata menikmati adiluhungnya pusat budaya Jogja, Royal Palace, meluncurlah ke Jalan Wijilan tempat warung-warung gudeg berjejer.

Kampung Gudeg Wijil memiliki sejarah panjang hingga memasuki tujuh dasawarsanya. Bermula pada 1942, tempat yang strategis dekat keramaian keraton ini mencuatkan ide ibu-ibu Jogja menjual gudeg bersama-sama. Ibu Slamet dan Ibu Djum memelopori warung gudeg mulai dari berjualan kecil-kecilan sampai sekarang telah mempunyai banyak cabang di penjuru Jogja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>