«

»

KAMPUNG ARAB RESTO: Ahlan Wa Sahlan, Inilah Kuliner a la Timur Tengah di Jogja!

Nasi-Kebuli Kampung Arab

Nasi Kebuli Kampung Arab

Kuliner Timur Tengah identik dengan daging kambing yang bercitarasa kuat. Juga, orang Arab punya kebiasaan makan lesehan, bersama sama mengelilingi makanan dan menyantap secara antusias. Merasakan sensasi makan a la Timur Tengah seperti itu sekarang ada di Kota Jogja sebagai pusat kuliner Nusantara. Tempat iu bernama Kampung Arab Resto!

Redaksi Santap Jogja telah berada di resto Kampung Arab di Jalan Palagan Km. 6 dekat dengan Hotel Hyatt. Dari luar, ornamen khas Arab telah tampak dengan kubah dan sayup terdengar irama gambus memanggil manggil kita untuk masuk mencicipi kulinernya. Langkah redaksi semakin mantap lebih dalam karena rasa penasaran yang menggebu. Kuliner Arab kaya apa sih yang pemiliknya tawarkan?

NASI KEBULI FAVORITNYA

Karpet dan gordyn atap bergelombang menyambut kedatangan redaksi. Menurut Hedar, pemilik resto, fungsi gordyn itu untuk meredam panas tenda sehingga tamu lebih nyaman menikmati suasana sembari mengobrol dengan teman teman pecinta kuliner Arab di Kota Jogja.

Daftar menu disodorkan oleh pelayan resto dan redaksi Santap Jogja segera memindai untuk memilih menu yang menarik. Ada gulai kambing, nasi kebuli, dan masih banyak lagi. Setelah berpikir cepat, pun kami memilih nasi kebuli jumbo seharga 90 ribu rupiah. Ini nasi kebuli yang bisa dimakan oleh empat orang sambil duduk berputar. Piringnya satu saja seperti kebiasaan orang Arab.

Kampung-Arab

Sambil menunggu nasi kebuli jumbo datang, redaksi memesan juga menu bernama sambosa yaitu pastel berisi daging giling bercampur cabai hijau. Juga, tak boleh redaksi lewatkan menu bernama hul yaitu kebab tebal yang dibungkus tamis atau roti Arab.

Makanan telah datang semua beserta minumannya. Redaksi melahap dengan cepat seluruh menu secara bareng bareng agar nuansa Timur Tengah kami dapatkan. Benar benar enak dan rasanya kuat sekali. Maklum, daging kambing membuat kami bergelora.

Santap Mania pengin bergabung untuk merasakan racikan Hedar dan krunya? Sila sambangi Kampung Arab racikan Hedar dan krunya? Sila sambangi Kampung Arab Resto dan nikmati suasana seperti di Negeri 1001 Malam!

Salam wisata kuliner Jogja!

 
Sumber gambar: kuliner.panduanwisata.com

4 comments

Skip to comment form

  1. dewi

    Nasi nya, apakah seperti di arab beneran?yg panjang2 gt..sewaktu umroh sy suka dg nasi bukhori..terkenal murah dan sdh komplit dg lauknya..
    di jogja, penasaran dg tempat makan timur tengah tp yg menyuguhkan nasi yg panjang2 layaknya nasi bukhori waktu itu..adakah info?

  2. santapjogja

    kalo nasinya masih lokal sih mbak, gak kebayang harganya bakal mahal banget kalo pake nasi arab yang panjang2 itu. di jogja kami belum tahu informasinya dimana tempat makan yang menyuguhkan makanan timur tengah asli seperti itu. ada selain kampung arab itu di mamo resto, tapi nasinya juga lokal

  3. bobi

    pelayannya pakai b.arab ngga ..?
    jd tambah keren itu

  4. faizah hanik

    selain nasi kebuli, adakah nasi briyani atau bukhori meskipun pakai beras lokal?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>