«

»

KALI CODE: Sungai Thames Inggris-nya Jogja

 

Kali Code di jembatan Kewek tahun 1936 Sumber: http://media-kitlv.nl

Kali Code di jembatan Kewek tahun 1936
Sumber: http://media-kitlv.nl

Ingat dengan Sungai Thames di Inggris yang membelah Kota London dan jadi lokasi wisata eksotik di Eropa? Atau, Venesia yang di situ para asing menikmati romantika kota air di Italia?

KALI PEMBAGI DUA KERAJAAN

Jogja punya Kali Code yang sangat potensial sebagai aset kultural yang mirip Thames dan Venesia. Panoramanya yang sedap di mata, kebersihan airnya yang terjaga, dan masyarakat di bantarannya yang disiplin, membuat Kali Code jadi tempat wisata sekaligus riset yang menarik bagi siapa saja yang berkunjung ke Jogja.

Kali Code membelah Kota Jogja dengan sisi Barat Kasultanan Jogja dan sisi Timur Pakualaman. Namun ini tidak berarti kekuasaan Jogja tercerai berai. Code justru menyatukan dua tahta itu ditandai dengan berkembang pesatnya budaya kuat di daerah itu.

JASA BESAR ROMO MANGUNWIJAYA

Sebelum 1980an, Kali Code kawasan kumuh yang tidak tertata dan menimbulkan masalah bagi lingkungan. Masyarakat waktu itu bebas membuang sampah yang mengakibatkan bau menyengat dan kesehatan warga di bantaran menurun drastis. Romo Manungwijaya-lah yang merombak Kali Code sehingga menjadi kawasan tertata, bersih, dan berdaya guna.

Romo Mangunwijaya turun tangan menahan penggusuran rumah warga di bawah Jembatan Kali Code di Jalan Sudirman. Ia kemudian melakukan aktivitas sosial, memberi pencerahan melalui contoh kerja yang ia lakukan. Pemikiran Romo Mangunwijaya untuk menata ulang bantaran Kali Code berhasil diwujudkan bersama sama dengan warga Kali Code. Dan kini Kali Code apik dengan segala kelebihannya.

Kali Code dengan latar belakang Gunung Merapi

Kali Code dengan latar belakang Gunung Merapi

 

LAHAR MERAPI dan KULINER JOGJA

Kali Code memiliki andil besar dalam penanganan musibah letusan Gunung Merapi. Tiap kali Merapi beraktivitas tinggi, memuntahkan materialnya, jika hujan turun Kali Code menyalurkan lahar dingin sehingga keamanan warga bantaran tetap terjaga.

Selain itu, Kali Code juga punya kelebihan di waktu malam saat muda mudi nongkrong menikmati kuliner Jogja seperti Angkringan Kali Code, Ayam Mbok Sabar, yang mengedepankan suasana romantik dan wisata kuliner Jogja yang murah dan enak.

Mari berkunjung ke Kali Code, Santap Mania! Temukan pelajaran berarti di bantaran kali yang bisa kita salurkan ke warga di kota Anda. Barangkali, konsep Kali Code yang sudah diakui secara internasional itu bisa menjadikan kali di tanah air lebih layak dan sehat.

Salam wisata dan kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>