↑ Return to Jalan-jalan

SRI GETHUK: Air Terjun di Kawasan Tandus Gunungkidul

sri gethuk

Gunungkidul yang katanya tandus dan terkenal dengan kekeringannya di musim kemarau, ternyata menyimpan potensi wisata air terjun indah, yang bahkan di musim kemarau tidak menyusut debit airnya. Terletak di desa Bleberan, Playen, dan untuk mencapainya tidaklah terlalu sulit. Dari pertigaan lapangan terbang Gading ambil kanan ke arah kecamatan Playen dan tinggal mengikuti petunjuk jalan yang ada. Sedangkan untuk menuju lokasi air terjun, bisa dengan menyewa rakit melalui jalur sungai atau dapat berjalan kaki menyusuri jalan setapak.

rakit sri gethuk

untuk menuju air terjun bisa menggunakan rakit

air terjun sri gethuk

Sri Gethuk memiliki dua air terjun sekaligus

 

Sesampainya di air terjun, kesegaran cipratan airnya terasa begitu sejuk membuat tidak sabar ingin bermain-main dengan air. Tetapi sebelum mencemplungkan diri dalam air, ketika pandangan mata mendongak ke atas ternyata air terjun ini bercabang dua layaknya air mata yang meleleh ke pipi seorang bidadari. Sangatlah unik karena sebagian besar air terjun hanya memiliki satu sumber utama yang besar, namun disini terdapat dua sekaligus.

Pemandangan disinipun cukup indah tidak kalah dengan air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu yang kesohor itu. Jadi buat apa jauh-jauh untuk menikmati keindahannya, jika di Jogja saja ada air terjun yang demikian menarik.