↑ Return to Jalan-jalan

PANTAI NGOBARAN: Warna-warni Sunset di Senja Romantis

sunset patung

Jika bicara soal pantai, DIY merupakan salah satu propinsi yang memiliki garis pantai yang panjang. Tidaklah heran jika banyak lokasi wisata pantai di Jogja, dan Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang memiliki keindahan pantai yang memukau. Pantai-pantai disini tidak kalah cantik dibandingkan pantai Kuta ataupun Tanah Lot di Bali, namun karena belum dikelola dengan baik maka pengunjungnya juga masih sangat minim dan hanya ramai pada musim liburan saja. Salah satu pantai itu adalah Pantai Ngobaran yang berada di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul.

Untuk mencapai lokasi ini tidaklah terlalu sulit karena sudah ada papan penunjuk arahnya, namun memang harus berhati-hati karena jalan yang sempit dan berkelok-kelok naik turun. Dari jalan Jogja-Wonosari di pertigaan Gading silakan ambil jalan ke selatan arah Playen, tinggal ikuti saja jalan sampai ke pertigaan pasar Paliyan ambil kiri kemudian tidak jauh dari situ belok ke kanan dan tinggal ikuti jalan serta papan penunjuk arah ke pantai Ngobaran. Jika mau ke pantai ini ketika musim liburan memang harus waspada karena jalan yang dilewati hanya cukup untuk 1 mobil, jadi jika berpapasan harus bergantian.

Setelah mengarungi perjalanan selama kurang lebih 2 jam dari kota Jogja, anda akan disuguhi oleh pemandangan berbeda dengan pantai-pantai kebanyakan. Pantai Ngobaran menjadi istimewa karena disini terdapat bangunan pemujaan layaknya pura dan candi dengan patung-patung para dewa. Menurut cerita bangunan-bangunan ini didirikan pada tahun 2003 oleh orang yang mengaku merupakan keturunan dari Prabu Brawijaya V. Di tempat ini dahulu konon menjadi tempat Prabu Brawijaya V pura-pura membakar diri karena tidak mau berperang melawan putranya sendiri yaitu Raden Patah. Namun kebenaran cerita ini disangsikan oleh para ahli sejarah karena tidak ditemukan bukti-bukti yang menguatkan dugaan tersebut.
Terlepas dari segala cerita di balik keberadaan tempat pemujaan tersebut, Pantai Ngobaran memang menyimpan pesona yang sangat menawan untuk dinikmati. Ada beberapa lokasi yang menawarkan keindahannya masing-masing yaitu antara lain:

CANDI PEMUJAAN

candi Ngobaran
Dari tempat ini anda dapat menikmati keindahan laut selatan dengan hamparan karangnya dan berada di ketinggian. Di tempat ini terdapat sebuah candi untuk pemujaan yang tidak boleh dimasuki orang, tetapi anda tetap dapat berfoto dengan latar belakang candi dan lautan lepas.

PATUNG PATUNG DEWA

patung Ngobaran
Dekat dengan lokasi candi terdapat seperti bangunan pura dengan di dalamnya banyak patung-patung dewa. Inilah keunikan dari Pantai Ngobaran, selain dapat menikmati ganasnya ombak laut selatan, anda juga dapat melihat bangunan – bangunan unik yang dibuat untuk tujuan pemujaan. Lokasi ini masih berada di ketinggian sehingga dengan melemparkan pandangan ke bawah, dapat dilihat deburan ombak yang menghantam karang ataupun hamparan tanaman-tanaman laut yang menghijau tumbuh di atas karang-karang.

PUNCAK BUKIT
Jika Anda ingin menikmati pemandangan laut dari sudut yang berbeda, dapat mendaki bukit yang tidak jauh dari candi maupun patung tersebut. Dari puncak bukit ini pandangan mata akan lebih luas dan anda dapat menikmati betapa indahnya hamparan alam di depan mata.

KARANG INDAH
JIka Anda ingin bercengkrama dengan ombak yang menghantam karang-karang, dapat turun dari tangga di sebelah patung-patung dan anda dapat menemukan banyak karang-karang dengan lubang-lubang yang dipahat oleh hantaman ombak menambah keindahan pantai ini. Namun agar kaki tidak cedera dianjurkan untuk tetap memakai alas kaki karena karang-karang itu cukup tajam. Di tempat ini jika air sedang surut, terlihat begitu menghijau dengan adanya rumput dan tanaman laut bahkan binatang seperti bintang laut juga terdapat disini.

HAMPARAN PASIR
Kalau tujuan anda ke pantai untuk puas bermain-main dengan air, silakan menuju ke pantai berpasir yang berada di balik bukit. Disini anda dapar bermain dengan pasir putih maupun merasakan dahsyatnya gelombang laut selatan. Namun sangat disarankan untuk tidak mandi terlalu jauh ke tengah karena ganasnya gelombang.

SURYA TENGGELAM

sunset Ngobaran1

maen sunset Ngobaran 2

Pergi ke pantai tidaklah lengkap jika tidak menikmati sunset diiringi suara deburan ombak. Untuk mendapatkan sunset yang sempurna di pantai Ngobaran, disarankan untuk pergi ke lokasi pada musim hujan di antara bulan Desember atau Januari namun pada saat cuaca yang cerah. Karena pada bulan-bulan tersebut matahari berada di sebelah selatan khatulistiwa dengan jarak terjauh, sehingga jika berada di laut selatan matahari seolah-olah terbenam ke dalam lautan dan memancarkan warna-warni indah di langit. Jadi jika tujuan anda ke pantai salah satunya mengagumi keindahan sunset ini, silakan datang pada sore hari. Setelah puas bermain-main dengan pasir dan air, kurang lebih sekitar pukul 17.30 beristirahatlah dan nikmati pertunjukan alam yang cantik itu. Atau anda dapat juga menjadi bagian dari pertunjukan ini dengan mengabadikan gambar anda bersamanya sambil sedikit “bermain-main” dengan matahari yang sedang berpulang ke peraduannya.

TARIF
Dengan segala keindahan yang ditawarkannya, sangat disayangkan jika dalam liburan anda ke Jogja tidak meluangkan waktu pergi ke tempat ini. Dan untuk bisa memperoleh segala keelokannya anda hanya mengeluarkan biaya Rp. 3000,- per orang untuk masuk ke lokasi wisata dan ongkos parkir Rp. 2000,- untuk motor atau Rp. 5000,- untuk mobil. Wow betapa sangat murah sekali, bahkan untuk biaya masuk lokasi wisata tidak hanya untuk Pantai Ngobaran saja tapi sudah termasuk ke Pantai Ngrenehan yang berada di sebelahnya. Jadi tunggu apa lagi, jadwalkan liburan anda ke Jogja dan singgahlah ke Pantai Ngobaran.

Ayo segera meluncur, Santap Mania!