«

»

GUDEG PAWON: Santap Gudeg Langsung di Dapurnya


gudeg pawon

Terlepas dari segala simpang siur kapan mulai puasa Ramadhan, Kuliner Yogyakarta ingin menyajikan salah satu menu sahur yang mantap. Kebanyakan orang kebingungan dimana mencari makan untuk sahur, anda tidak perlu risau silakan arahkan kendaraan anda menuju Jalan Janturan Nomor 36-38 Warungboto, Umbulharjo.

Sesampainya disana akan bertambah penasaran ternyata telah banyak orang antre hingga tempat parkir laiknya sedang menunggu jatah sembako. Setelah ikut antre beberapa saat, tibalah di suatu ruangan berukuran sekitar 4×6 m yang dilengkapi dengan tiga buah tungku yang mengeluarkan aroma khas gudeg yang mengundang liur tak terkendali. Itulah mengapa tempat makan ini disebut dengan gudeg “pawon”, yang berarti dapur.

Akhirnya setelah bersusah payah menahan liur agar tidak sampai menetes, tibalah giliran untuk dilayani oleh mbah Prapto sang penjual gudeg. Dengan sabar mbah Prapto menyajikan gudeg basah dengan pilihan lauk yang beragam, mulai dari sambal goreng krecek, opor ayam kampung, telur, tempe, tahu. Rasanya ingin semua disantap, tidak mau rugi mengulang antrean kembali hanya sekadar menambah lauk.

Dan sepiring nasi gudeg beserta lauknya pun di tangan, sepertinya lebih nikmat jika menyantapnya di dalam “pawon” ditemani suasana dan aroma khas yang keluar dari ketiga dandang itu.
Warung ini buka mulai jam 22.30, dan sangat dianjurkan untuk datang awal jika tidak ingin kehabisan atau terlalu lama mengantre. Salam Santap Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>