«

»

GUDEG MANGGAR: Gudeg yang Mendunia & Diciptakan Puteri Raja Mataram sebagai Resep Kecantikan

image

Puteri Pembayun atau puteri Panembahan Senapati Raja Mataram yang mendapat julukan Nyai Ageng Mangir Wonobudoyo adalah pencipta gudeg Manggar pada ratusan tahun lalu. Konon, barang siapa menyantap gudeg Manggar, aura keraton akan melingkupi diri Santap Mania! Bagaimana itu bisa terjadi, ya?

Mayanglah kunci gudeg Manggar jadi kuliner Jogja yang spesial. Jika biasanya gudeg memakai nangka sebagai bahan utama, gudeg ini memakai mayang atau bunga kelapa. Manggar jika dicampur dengan daging ayam akan membuat aroma dan rasa gudeg semerbak dan tak ada yang menandinginya. Keluarga keraton secara turun temurun telah menikmati gudeg Manggar.

GUDEG untuk KECANTIKAN

Mooryati Sudibyo sebagai kerabat Keraton Jogja dan pemilik usaha kecantikan tradisional telah mempromosikan gudeg Manggar ke seluruh dunia. Ia mengatakan menu masakan ini menimbulkan kecantikan luar dan dalam. Wajah si penyantap akan bercahaya dan klimis dalam bahasa Jawanya.

Pengolahan gudeg Manggar punya tingkat kerumitan yang tinggi karena dalam memilih bunga kelapa tidak boleh sembarangan. Hanya pohon kelapa yang kurang produktif yang manggarnya boleh diambil dan berada di daerah kurang subur. Dengan manggar yang diambil, pohon kelapa akan kembali rajin berbuah dengan daun yang semakin lebar.

Usaha gudeg Manggar tidak banyak yang menekuni karena sulitnya mencari manggar ketimbang nangka yang umum di pasaran. Jadi, rasa gudeg Manggar terasa spesial dan Santap Mania akan terkesima olehnya.

FESTIVAL GUDEG MANGGAR untuk DUNIA

Sangat jarang satu jenis makanan dijadikan sebuah festival! Gudeg Manggar lah yang punya festival tersendiri yang digelar di Dusun Mangir, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Jogja. Festival gudeg yang telah mendunia ini diikuti oleh lebih dari dua puluh lima pembuatnya yang tersebar di seluruh Jogja. Rasa dan penyajiannya tentu beraneka ragam sesuai dengan kreativitas pembikinnya.

Dari festival ini, panitia mengharapkan keberadaan gudeg Manggar yang merupakan salah satu ikon kuliner Jogja paling bersejarah tetap terjaga baik rasa maupun pamornya.

BAGAIMANA MENDAPATKAN GUDEG ISTIMEWA ITU?

Beberapa warung yang menyajikan gudeg Manggar terdapat di sudut Kota Jogja diantaranya Gudeg Manggar Bu Tinur di Jalan Monumen Jogja Kembali No. 197. Arahkan kendali kendaraan Santap Mania ke Monumen Jogja Kembali atau Taman Lampion menuju arah Selatan sejarak 300 meter dari Hotel Tentrem dan dekat situ Santap Mania akan menemui outlet gudeg terlezat itu! Atau, jika pengin menikmati suasana keraton, sila Santap Mania ke Bale Raos Resto.

Jangan lewatkan untuk mencicipi gudeg Manggar yang dikenal pula sebagai “Kuliner Perlawanan” karena sejarahnya waktu itu sebagian rakyat Bantul pada masa Perang Diponegoro melawan kekuasaan Sultan Hamengku Buwono yang mereka anggap memihak kepentingan Hindia-Belanda.

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>