«

»

GREBEG SYAWAL: Sedekah Dari Raja Untuk Rakyatnya

IMG_8908 copy

Bagaimana suasana Lebaran Santap Mania di Jogja? Sudah selesai bersilaturahim dengan sanak saudara? Sekarang waktunya untuk menghabiskan waktu di Jogja dengan menikmati jalan-jalan. Satu event yang sangat sayang untuk  Santap Mania lewatkan yaitu upacara Grebeg Syawal. Tahun ini Keraton Yogyakarta  mengadakan Grebeg Syawal pada hari Selasa, 29 Juli 2014, bertepatan dengan peringatan 1 Syawal 1435 H menurut penanggalan Keraton Yogyakarta.

IMG_9054 copy

Gunungan Kakung

Gunungan Putri

Gunungan Putri

Upacara Grebeg merupakan sebuah wujud sedekah dari Raja Yogyakarta kepada rakyatnya. Dan kali ini akan menghadirkan beberapa gunungan kakung dan gunungan putri. Para abdi dalem menyusun Gunungan ini dari hasil bumi dan biasanya dilaksanakan 3 hari sebelum upacara bertempat di Kamagangan.

Prosesi Upacara Grebeg dimulai dengan bregada prajurit Keraton menjemput gunungan pada pukul 08.00 dari Kamagangan untuk dibawa menuju kompleks Keben. Kemudian pada pukul 10.00  sepuluh bregada prajurit, yaitu : Prajurit Wirobrojo, Prajurit Dhaheng, Prajurit Patangpuluh, Prajurit Jogokaryo, Prajurit Prawirotomo, Prajurit Ketanggung, Prajurit Mantrijero, Prajurit Nyutro, Prajurit Bugis dan Prajurit Surokarso,  mengiringi gunungan yang akan dibawa ke tengah-tengah alun-alun utara untuk diberi tembakan salvo sebanyak tiga kali.

Bregada Wirabraja

Bregada Wirabraja

Setelah diberikan tembakan salvo, gunungan akan dibawa dan masyarakat boleh  memperebutkannya di kompleks Masjid Gede Kauman. Bagi masyarakat Yogyakarta dengan memperoleh hasil perebutan gunungan tersebut dipercaya akan membuat hidupnya menjadi lebih sejahtera.

Jadi bagaimana Santap Mania, jangan lewatkan kesempatan untuk sekadar melihat pawai prejurit Keraton atau bahkan ikut ambil bagian dalam perebutan gunungan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>