«

»

GEPLAK: Penganan Khas Bantul yang Berkesan

sumber gambar: http://kuenyajogja.wordpress.com/

sumber gambar: http://kuenyajogja.wordpress.com/

Penganan ini biasa dijajakan di toko oleh oleh sampai pasar tradisional. Warnanya yang meriah menjadikan geplak yang terbuat dari parutan kelapa dan gula pasir ini jadi idola siapa saja yang ingin memberi buah tangan bagi keluarganya di rumah. Geplak bersama bakpia dan jenis oleh oleh lain tak boleh dilupakan oleh Santap Mania.

OLEH OLEH yang COCOK

Perhatikan warna warni yang meriah dari geplak yang disajikan untuk Santap Mania. Semuanya menggunakan pewarna alami yang aman untuk Anda konsumsi. Harumnya juga memakai daun pandan yang khas dan menarik kita untuk mencicipi butir demi butir.

Tip memilih geplak yang baik untuk Anda:
1. Cermati cara penjualnya menyajikan geplak.Karena jangka waktu kadaluarsa geplak yang lama, tingkat higinitasnya musti Anda perhatikan.
2. Pilihlah geplak yang berwarna cerah tanda produksinya baru.
3. Mintalah contoh satu butir untuk Anda cicipi. Jangan mau membeli geplak yang sudah apak.

COBA COBA SENDIRI

Tantangan baru bagi Santap Mania yang ingin membuat geplak untuk Anda nikmati bersama keluarga. Atau, Anda akan mencoba menjualnya di daerah tempat Anda tinggal? Ikuti resep berikut ini.

Bahan bahan yang perlu Anda siapkan:
750 gram tepung beras
500 gram gula pasir
250 ml air
1 butir kelapa diparut memanjang
Garam halus secukupnya

Cara Membuatnya sangat mudah:
1. Sangrai tepung beras hingga kering, lalu tambahkan kelapa parut dan tepung beras. Aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan
2. Masaklah gula bersama air hingga mendidih lalu angkat. Masukkan campuran kelapa, aduk-aduk dengan cepat hingga adonan menjadi kental, lalu angkat.
3. Cetak adonan atau bentuk lah bulat-bulat seperti bentuk aslinya, untuk bentuk sesuaikan saja dengan keinginan Anda masing-masing, biarkan hingga dingin dan mengeras.

Wah, membeli geplak langsung di tempat produksi nya juga jadi pilihan paling menarik karena sensasinya yang luar biasa. Ayo putuskan, Santap Mania!

Salam wisata dan santap kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>