«

»

GATOT: Mengonsumsinya, Hilang Sakit Maag?

image

Konon, barang siapa mengonsumsi gatot makanan khas Gunungkidul, penyakit maag akan hilang. Apa yang menyebabkan gatot yang terbuat dari ketela pohon itu bisa mengurangi rasa sakit yang Maag sebabkan? Inilah rahasianya!

Gatot sebetulnya merupakan sisa proses pembuatan tiwul yang kurang sempurna. Ini disebabkan pengeringannya yang tidak sempurna. Nah, oleh warga Gunungkidul, bahan sisa yang banyak orang akan membuangnya lebih ditingkatkan harganya dengan mengolahnya kembali.

Cara pembuatannya, singkong dikeringkan hingga jadi gaplek. Rendam dengan kapur sirih selama 12 jam atau semalam. Cuci sampai bersih dan potong kecil kecil kemudian dikukus selama dua jam. Setelah matang, gaplek yang sudah jadi gatot tempatkan di wadah lebar sampai dingin. Menyantapnya sangat mudah yaitu dengan menambahkan gula pasir dan serutan gula merah dan parutan kelapa. Rasanya, sangat enak dan mengenyangkan!

image

image

RAHASIA MELIBAS SAKIT MAAG

Redaksi bertanya tanya kenapa bisa gatot menyembuhkan sakit maag. Dari informasi yang didapat, gatot punya efek mengenyangkan jangka panjang. Secara medis, alat pencernaan membutuhkan waktu lama untuk mengolah makanan yang masuk ke perut. Inilah yang membuat gatot bisa menyembuhkan penyakit maag.

Untuk mendapatkan gatot, Santap Mania bisa meluncur ke beberapa pasar tradisional di Gunungkidul. Stoknya sangat berlimpah. Paling terkenal yaitu di Jalan Pramuka No. 36 Wonosari. Harga per besek cuma lima ribu rupiah sampai lima belas ribu rupiah. Murah bukan?

image

Selain itu, gatot sekarang dikemas dalam bentuk cepat saji. Jadi, Santap Mania bisa memasaknya sesampai di rumah untuk keluarga dan kerabat. Selamat mencoba, Santap Mania!

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>