«

»

FESTIVAL 1000 GUDEG GRATIS: Pesta Kuliner Rakyat & Turun Gunungnya 2 Ratu Gudeg Jogja

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Semua orang sudah tahu jika Jogja identik dengan gudeg. Wisatawan yang mengunjungi Jogja pasti menikmati makanan khas Jogja yang telah mendunia ini dan menceritakannya ke sanak kadang sekembali ke kota masing masing. Gudeg ialah keromantisan Jogja yang akan terus dikenang siapapun dan kapanpun.

Jika Santap Mania telah memiliki rencana berwisata di Kota Jogja, kebetulan sekali pada 23 Desember 2014 ada hajatan yang tak boleh kita lewatkan yaitu Festival 1000 Gudeg Gratis di Kampung Wijilan. Awam telah paham jika Kampung Wijilan ialah sebuah daerah di pusat kota Jogja sebagai pusat produksi dan penjualan gudeg. Di sini, warga dan wisatawan lokal maupun mancanegara bisa memilih banyak warung gudeg dengan rasa dan corak masing masing. Pilih warungnya, masuk dan pesan gudegnya, sembari lesehan Santap Mania bisa menikmati lezatnya gudeg.

1000 PORSI GRATIS

Festival Gudeg Wijilan ialah kali pertama akan dilaksanakan pada 23 Desember 2014, pukul empat sore sampai dengan sebelas malam. Prosesi dimulai dengan memasak gudeg dari para perajin Jogja yang ikut serta meramaikan hingga pembagian gudeg pada warga dan wisatawan yang lebur dalam acara langka nantinya. Sebanyak dua sampai tiga kuintal gudeg rencananya akan dibuat untuk pesta rakyat Jogja.

Menurut panitia Festival Gudeg Wijilan, acara ini bertujuan untuk lebih mengukuhkan nama gudeg di kancah kuliner Nusantara yang kini tengah menggeliat dan digemari oleh masyarakat. Kesadaran masyarakat untuk mencintai dan menggemari berbagai warisan kuliner tanah air harus terus dipacu hingga mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Di festival ini, panitia akan memperkenalkan gudeg yang tidak manis saja namun gudeg telah berkembang menjadi makanan yang pedas, gurih, dan inovasi lain seperti gudeg kaleng.

Yu Djum

KEJUTAN BERHARGA

Paling spesial dari acara megah ini adalah turun gunungnya dua ratu gudeg Jogja yang tidak pernah muncul yaitu Mbah Djum dan Mbah Slamet yang telah merintis gudeg sedari zaman kemerdekaan 1945. Ini merupakan berkah bagi para penggemar kuliner Jogja khususnya dan tanah air umumnya karena dua pendekar kuliner asli Jogja itu akan membeberkan pengalaman hebatnya bagi semua yang hadir. Elok bukan?

Selain itu, festival akan semakin meriah dengan keikutsertaan permaisuri GKR Hemas, GKR Pembayun, GKR Condrokirono dan Walikota Jogja. Penampilan band Letto melengkapi acara yang sedianya akan dirutinkan tiap tahun. Untuk tahun selanjutnya, Festival Gudeg Wijilan akan lebih banyak mendatangkan perajin gudeg di seluruh Jogja dan membagikan sepuluh kali lipat gudeg gratis.

Wah, tidak hadir pada 23 Desember 2014 di Wijilan ialah kerugian bagi Santap Mania. Ayo ramaikan dan ajak teman teman untuk menyerbu peristiwa kuliner dahsyat ini!

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>