«

»

ES KRIM UBI JALAR UNGU: Kreativitas Lahan Tandus Berbuah Kelezatan Es Krim

sumber gambar: http://duniakulinernusantara.blogspot.com/

sumber gambar: http://duniakulinernusantara.blogspot.com/

Lahan tandus tak mampu menahan kreativitas warga Desa Sambirejo Gunungkidul untuk memanfaatkan sumber daya alamnya. Telo ungu yang oleh sebagian orang tak memiliki fungsi diubah oleh warga Gunungkidul menjadi olahan yang luar biasa: ES KRIM TELO UNGU.

Telo atau ubi jalar mudah ditemui di lahan lahan tandus Gunungkidul yang ternyata mempunyai nilai gizi yang tinggi yaitu:

– Sumber karbohidrat dan kalori yang tinggi
– lisin, Cu, Mg, K, Zn
– sumber vitamin dan mineral, vitamin yang terkandung dalam ubi jalar antara lain vitamin A, vitamin C, thiamin (vitamin B1), dan riboflavin.
– sumber mineral: zat besi (Fe), fosfor (P), dan kalsium (Ca).

Kandungan lainnya adalah protein, lemak, serat kasar dan abu. Total kandungan pigmen warna ungu ( antosianin ) bervariasi pada setiap tanaman dan berkisar antara 20 mg/100 g sampai 600 mg/100 g berat basah. Total kandungan antosianin ubi jalar ungu adalah 519 mg/100 g berat basah.

MANFAAT TELO UNGU

1. Antioksidan yang dapat menyerap polusi udara dan menghambat penggumpalan darah sehingga kesehatan aliran darah lebih lancar.
2. Kandungan betakaroten, vit E dan C, bermanfaat sebagai antioksidan pencegah kanker dan beragam penyakit kardiovaskuler.
3. Serat dan pektin sangat baik untuk mencegah gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit hingga kanker kolon.
4. Antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan, antikanker, antibakteri, perlindungan terhadap kerusakan hati, penyakit jantung, dan stroke.
5. Zat selenium dan iodin dua puluh lebih tinggi dari pada ubi lainnya, sehingga ubi jalar ungu dapat menjadi anti kanker.
6. Antioksidan dan antibakteri 2,5 dan 3,2 kali lebih tinggi dari pada beberapa varietas “blueberry”
7. Sumber kabohidrat bagi tubuh dan sebagai pewarna makanan yang alami.

Tertarik dengan es krim hasil kreasi anak anak Gunungkidul? Ayo buktikan dan ceritakan pada seluruh keluarga Anda jika kuliner Jogja memang pantas jadi yang terdepan!

Salam santap Kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>