«

»

ES KRIM TIP TOP: Es Krim Jadul Warisan Belanda yang Wajib Dicicipi Lezatnya

es krim tip topJadul belum tentu ketinggalan zaman. Justru hal berbau masa lalu yang membangkitkan nostalgia kini diburu oleh para penggemar kuliner Jogja. Bersamanya, kenangan muncul untuk diambil yang terindahnya hingga Santap Mania senyum senyum sendiri.

Kuliner jadul apa yang wajib Santap Mania cicipi di Kota Jogja? Tapi jangan yang berat berat kaya nasi, mie, melainkan segeran seperti minuman. Ada tidak, ya?

Es Krim Tip Top bisa jadi pilihan utama. Warung ini jadul pisan karena merupakan gerai es krim peninggalan masa Kolonial Belanda. Bertempat di Jalan Margo Utomo no. 24 atau dulu Jalan Pangeran Mangkubumi, tampak muka warung ini masih menyisakan aura Negeri Oranje. Sisa sisa kecemerlangan warung ini yang kabarnya duku tempat nongkrong para orang kaya Belanda memang sudah berkurang di sana sini. Namun inilah yang dipertahankan oleh pemilik gerai Es Krim Tip Top yang tetap menginginkan nuansa Belanda tempo doeloe tetap ada dan bisa Santap Mania nikmati.

es krim tip top2

Es Krim Tip Top Tempo Doeloe

es krim tiptop

Es Krim Tip Top Masa Kini

DESAIN INTERIORNYA OTENTIK, ES KRIMNYA MENGGELITIK LIDAH

Gerai Es Krim Tip Top berdiri pada 1936 atau hampir delapan dasawarsa silam. Sungguh waktu yang bukan singkat untuk mengelola warung dan bertahan dari gempuran bisnis kuliner Jogja yang kini menggeliat ramai. Mempertahankan kesederhanaannya, Es Krim Tip Top patut mendapat apresiasi yang bagus. Desain interiornya yang berupa etalase, lemari berornamen kaca, tempat duduk yang masih bergaya Belanda, seolah memberi bukti jika otentik ialah tambahan rasa yang nikmat.

Bagaimana dengan es krimnya, Santap Mania?

Oya, sebelum mengenalkan salah satu es krim ansalan Tip Top, Santap Mania musti tahu hati dan jam buka gerai ini.

★ Buka dari pukul 09.00 sampai pukul 13.30 – kemudian tutup untuk istirahat – buka kembali pada pukul 17.00 sampai pukul 21.30
★ Gerai ini buka dari Senin sampai Sabtu, sedangkan Minggu tutup.

Tutti Frutti dan Tip Top langsung dipesan dan disajikan dengan cepat oleh pemilik gerai. Sembari ngobrol, redaksi menikmati rasa es krim yang beraroma tidak terlalu kuat, rasanya tidak terlalu manis, namun pas di tenggorokan lumer. Penampakannya agak pucat tapi tetap menarik. Sebagai info, es krim di sini tidak memakai pemanis buatan sehingga aman tidak menimbulkan batuk.

Cita rasa es krim Tip Top menurut redaksi spesial karena ditambah dengan letupan memori yang seolah membawa kita ke zaman kemerdekaan Indonesia. Sambil menikmati suasana Jogja yang kini sesak oleh tawaran kuliner Nusantara, agaknya es krim Tip Top masih akan bertahan dalam waktu yang panjang karena kesederhanaan dan keotentikannya.

Salam wisata kuliner Jogja!

 
Sumber gambar: damarapri.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>