«

»

DUREN “KENCONO RUKMI” GUNUNGKIDUL: Warna Emasnya Kudu Dicoba yang Mengaku Penggila Duren

durian kencono rukmi

Penggila rasa buah tropis nan eksotik bernama durian ayo merapatlah! Ada kabar gembira buat kita semua yang mengaku sangat menggemari durian. Kabupaten Gunungkidul punya durian yang hebat yaitu Duren Kencono Rukmi. Namanya kok begitu sih? Enak betul nggak?

Akhir 2012 lalu merupakan tonggak bagi Gunungkidul yang berhasil mendapatkan Surat Keputusan Kementerian Pertanian yang menyebutkan Kencono Rukmi ialah durian asli Gunungkidul.

Apa yang spesial dari duren Kencono Rukmi?

Daging duren ini berwarna orange menyala sesuai namanya yaitu kencono yang berarti emas. Warna emas ini seperti harapan warga Gunungkidul agar memberi berkah layaknya emas. Rasa daging durian ini legit, tidak berair, dan kandungan alkoholnya lebih sedikit. Selain itu, kulit duren Kencono Rukmi berwarna kuning matang tidak seperti durian umumnya yang berwarna hijau.

Dusun Karangsari, Desa Nglanggeran, Pathuk, ialah sentra duren Kencono Rukmi. Jumlah pohon duren kini semakin bertambah seiring permintaan pasar yang luar biasa besar. Harga duren ini relatif murah dengan ukuran kecilnya seharga 50.000 sampai 75.000. Bagi Santap Mania yang punya tekanan sarah tinggi, jangan takut makan duren ini karena relah diujicoba klinis aman.

Semalat mencoba dan salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>