«

»

DESA WISATA KREBET: Mengintip Tradisi Batik di Media Kayu yang Tersohor

image

Kapan lagi Santap Mania merasai suasana pedesaan jika tidak sekarang! Redaksi Santap Jogja akan mengajak Anda meluncur ke sebuah desa wisata yang telah banyak orang mengenalnya sebagai Kampung Wisata Terelok di Jogja: KREBET!

Krebet merupakan sebuah dusun yang terletak di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Terletak di Bukit Selarong, terkenal sebagai tempat pertapaan Pangeran Diponegoro, Krebet berbatasan dengan Desa Guwosari, Triwidadi, dan Bangunjiwo.

Tiket masuk ke Krebet tidak dipungut biaya alias gratis namun apabila Anda ingin belajar kerajinan dan kesenian, ada beberapa paket yang bisa dipilih berkisar antara 25 ribu sampai 100 ribu tergantung paket yang dipilih.

Untuk menuju Dusun Krebet, Anda bisa melewati Jalan Bantul menuju ke arah Selatan. Bisa melalui Bantul Kota ke arah kanan atau melalui Pabrik Gula Madukismo ke arah kanan dengan menyusuri plank papan nama Desa Wisata Krebet yang dipasang di setiap jalan menuju ke Krebet. Mudah bukan, Santap Mania?

image

APA YANG MENARIK dengan DESA WISATA KREBET?

Jika Anda biasanya mengenal batik dari media kain, warga Krebet berkreasi dengan sangat artistik yaitu membatik kayu. Kerajinan di sini meliputi batik kayu, mebel bambu dan kayu, tatah sungging, genteng kayu, dan beberapa kerajinan dalam skala kecil seperti pisau dapur, irus, dan tikar anyam.

Di kampung wisata ini Anda akan menemui sanggar tempat Anda bisa berlatih membatik kayu yang jumlahnya lebih dari empat puluh sanggar. Warga dengan sangat ramah melayani Anda sekeluarga untuk merasakan sensasi berwisata di desa batik kayu ini.

image

SENI BUDAYA

Ada beberapa acara seni dan budaya yang kerap ditampilkan di Desa Wisata Krebet diantaranya:
a. Jathilan, kesenian yang menyatukan tarian dan kekuatan magis. Para penari akan kerasukan roh halus sehingga mampu bergerak mengikuti irama musik dan memakan benda benda tajam seperti silet atau kaca tanpa kesakitan.

b. Karawitan, seni musik bercita rasa tinggi yang terlengkap di dunia. Di sini, Anda bisa belajar karawitan langsung pada ahlinya.

c. Sekat Ali Mocopat, lagu tradisional Jawa yang lazim dimainkan pada Zaman Majapahit dan Kerajaan Demak. Kesenian berupa lelaguan yang dinyanyikan menurut kitab kitab zaman Mataram Baru.

PAKET WISATA HOMESTAY & KULINER

Anda tertarik untuk menginap di Desa Wisata Krebet? Tarifnya sangat murah yaitu Paket menginap 24 jam dengan fasilitas berikut.
– 1 kamar dengan isi 1 orang dikenai biaya Rp. 80.000
– 1 kamar dengan isi 2 orang dikenai biaya Rp. 140.000
– 1 kamar dengan isi 3 orang dikenali biaya Rp. 180.000
– Makan 3 kali
– Snack 2 kali

Tidak lupa, Desa Wisata Krebet pula menyajikan kuliner Jogja yang sangat spesial yaitu:

a. Gudeg manggar
b. Tempe bacem
c. Gula jawa
d. Tape singkong
e. Umbi umbian (uwi, gembili, suweng, singkong, gadung, modro)
f. Trancam
h. Aneka minuman tradisional (legen, wedang asem)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>