«

»

DESA WISATA KALAKIJO: Nostalgia Masa Lalu dan Kuliner Rahasia Kondang Di Sini!

kalakijo1

Sekumpulan ibu memainkan lesung, alat penumbuk padi, dengan alu sambil bernyanyi nyanyi riang. Penampilan inilah yang menjadi andalan Desa Wisata Kalakijo yang terletak di Dusun Kalakijo, sebelah Barat Kota Bantul, sebelah Selatan Goa Selarong, tepatnya di Desa Guwosari, Pajangan, Bantul. Memori daerah agraris yang kaya akan hasil sawah melimpah seperti padi, jagung, dan aneka garapan bumi lain sengaja dihadirkan kembali pada Santap Mania yang haus akan kenangan indah masa lalu.

DESA EMPING dan KANDANG AYAM

Tidak salah jika Santap Mania memutuskan berlibur di Desa Wisata Kalakijo. Panoramanya yang membuai, warganya yang ramah, selalu menawarkan kebetahan dan suatu saat menarik Santap Mania berkunjung lagi. Apa keunggulan lain desa ini?

Emping. Kudapan renyah yang sering kita santap bersama bubur ayam atau nasi kuning ini banyak Santap Mania temui di Desa Wisata Kalakijo. Pohon melinjo sepanjang perjalanan ke sini banyak sehingga warga mengolahnya jadi kerupuk melinjo yang enak dan gurih. Di sini, Santap Mania boleh membeli emping dengan harga yang murah. Tapi hati hati bagi yang punya asam urat, ya!

kalakijo2

kalakijo3

Industri rumahan kandang ayam juga banyak terdapat di Desa Wisata Kalakijo. Tua muda, lelaki perempuan, melestarikan kegiatan bernilai ekonomis tinggi ini yang sekarang mulai jarang ditekuni oleh kawula muda. Desa Wisata Kalakijo sudah tersohor sebagai desa penghasil kandang ayam yang disetorkan ke kota Jogja dan daerah lain di pulau Jawa.

Kini telah banyak agen wisata yang menawarkan paket liburan di Desa Wisata Kalakijo. Harganya juga beragam tergantung isi jasa yang mereka tawarkan. Namun itu semua sangat sebanding dengan sensasi wisata yang Santap Mania dapatkan dan kelak jadi memori indah bersama keluarga.

Jangan lupakan satu kuliner Jogja yang resepnya sudah kondang ke seantero Jogja: INGKUNG KUALI. Meninggalkannya berarti kerugian karena Desa Wisata Kalakijo memang terkenal dengan kuliner Jogja ini.

Bagaimana Santap Mania apakah ingin segera kesana? Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>