«

»

DAE JANG GEUM: Istana Kuliner Korea yang Meramaikan Jagad Kuliner Jogja

image

Memori ini masih tertempel kisah seorang tabib istana can
tik berbudi pekerti luhur di Istana Korea. Parasnya yang elok dalam trampil dan cekatan tangannya menggeret pikiran untuk berwisata ke Negeri Ginseng yang kini budayanya tengah digemari kawula muda. Film seri TV yang disutradari oleh Lee Byung Hoon tempo lalu telah memikat hati siapa saja yang menyukai Korea.

Tersebutlah Seo Jang geum yang diperankan oleh Lee Young ae, seorang anak yatim piatu yang pandai memasak menjelma jadi penasihat perempuan pertama yang mengurusi kesehatan raja Seongjong (1457-1494), Raja Yeonsan (1494 – 1506), dan Raja Jungjong (1506-1544). Intrik yang terjadi di sekitar istana membuat Dae Jang Geum menguras emosi para pecinta drama Korea.

KULINER NEGERI GINSENG

image

Guna lebih mendekatkan hati Santap Mania dengan budaya Korea, redaksi mengunjungi Resto Dae Jang Geum yang berada di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 8,5 tepatnya sekira satu kilo dari Monumen Jogja Kembali. Dari penampakan muka, resto ini menampilkan kesan cantik khas Korea bak Istana Gyeongbokgung.

Suasananya tak jauh dari film Dae Jang Geum, Santap Mania. Kenyamanan dan tingkat higinitasnya tampak sangat diperhatikan oleh pengelola resto ini. Redaksi langsung saja duduk dan membaca menu santapan. Menu Korea andalan di resto ini yaitu:
1. Jajang myeon (mi bumbu tauco goreng)
2. Bibim bab (nasi campur)
3. Kare bab (atau nasi kari)
4. Ilban guksu (mi kuah ayam)
5. Yuk ge jang
6. Cap cay Korea
7. O jing o kuk, dlsb.

Tak hanya resep Korea melainkan Chinese food, Japan food, dan masakan Nusantara juga disediakan di resto ini sehingga pilihan makanannya lebih variatif.

Mari kita buktikan apakah kuliner Korea yang sudah termasuk daftar kuliner Jogja favorit ini cocok di lidah Santap Mania!

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>