«

»

BRONGKOS WARUNG IJO “BU PADMO”: Pendobrak Kelezatan Brongkos yang Asli dan Juara Rasanya

image

Penelusuran Redaksi Santap Jogja sampai di Warung Ijo Bu Padmo yang kabarnya punya sayur brongkos kualitas juara dalam rasanya. Awalnya redaksi ragu karena sayur brongkos yang jamak dijual di Kota Jogja bercitarasa kurang lezat. Namun, Warung Ijo Bu Padmo dipastikan asli dan juaranya di seluruh penjuru Jogja!

RUTE MENUJU SPOT KULINER

Santap Mania sila menyiapkan mental karena adrenalin Anda segera terpacu untuk sampai ke Warung Ijo Bu Padmo di Bawah Jembatan Krasak, Tempel. Rute yang bisa Anda lalui ada dua yaitu:

1. Jika Anda dari arah Jogja, ikuti Jalan Magelang (Jogja-Semarang). Paculah kendaraan Anda perlahan dan santai karena Warung Ijo Bu Padmo masih setia menunggu kehadiran Anda. Sesampai di Jembatan Krasak, Tempel, arahkan setir kendaraan Anda ke Kiri (Barat-Utara) karena di situ terdapat simpangan ke arah kiri dan kanan. Pastikan Anda mengambil arah kiri. Ikuti jalan itu sampai mentok di pertigaan Pasar Ngepos. Pada tikungan bersudut siku, tepat di bawah jembatan, pandang arah kiri (Timur). Warung Ijo Bu Padmo berdiri megah menyambut Anda.

2. Anda jika berangkat dari arah Semarang atau Magelang, susuri Jalang Magelang ketika masuk Kota Jogja. Jika sudah sampai Jembatan Krasak, ambil jalan ke arah kiri persis di sisi Selatan Jembatan. Ikuti jalan sampai mentok di sisi Utara. Di situlah Warung Ijo Bu Padmo berada.

BRONGKOS ASLI

image

Bu Padmo merupakan perintis sayur brongkos di Kota Jogja. Sejak 1950an, perempuan ini setia melayani kemauan lidah warga dan turis di Jogja dan menurunkan usahanya sekarang ke keluarganya.

Bagaimana dengan rasanya? Brongkos yang terdiri dari daging sapi, berbumbu rempah, di warung ini rasanya gurih dan manis dalam takaran pas. Kacang tholo dan lombok rawitnya cocok di lidah dan sedap dinikmati bersama nasi hangatnya. Kuahnya tidak terlalu encer dan kental dengan warnanya yang tidak pucat dan gelap. Dagingnya lembut dan mudah dikunyah. Semakin terasa di perut Anda, Santap Mania!

Tak salah lagi, Anda selayaknya mencoba sayur asli brongkos ini dan ceritakan pada kerabat Anda!

Salam santap kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>