«

»

BEBEK SUWAR SUWIR: Hidangan Favorit Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang Diciptakannya Sendiri

bebek suwar suwir

Sumber gambar: www.wisatakuliner.com

 

Rasa penasaran membuncah dalam diri Redaksi Santap Jogja. Bale Raos, sebuah resto di Kompleks Keraton Jogja, menawarkan hidangan favorit Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang kini siapa saja bisa menikmati kelezatannya. Bagaimana rasa dan sensasinya untuk Santap Mania sejenak jadi seorang Raja Mataram?

TERNYATA NAMA ITU BERASAL DARI SINI

Dari kejauhan, restoran Bale Raos sangat spesial. Suasana Jawa-nya yang asri dan etnik membuat kaki ingin cepat cepat sampai di sana menikmati tempat dan kuliner Jogja unik di sini yaitu Bebek Suwar Suwir.

Benar sekali, Redaksi Santap Jogja duduk langsung pramusaji berbusana tradisional menyambut dan menyodorkan menu yang di situ ada target kita. Pilih ini dan itu, hidangan pun dipersiapkan untuk nantinya Santap Mania habiskan dalam hitungan menit.

Nah, sebelum pramusaji berangkat ke dapur, Redaksi Santap Jogja sempat menanyakan kenapa menunya disebut bebek suwar suwir sedangkan di daftar menu tak tampak bebeknya disuwir?

Jawabannya adalah sebuah kisah yang menarik, Santap Mania!

Sumber gambar: food.detik.com

Sumber gambar: food.detik.com

Semasa belajar di Belanda, Sri Sultan Hamengku Buwono IX berkreasi mencipta hidangan kombinasi antara budaya Jawa dan Eropa. Memang sang raja ini dikenal gemar memasak dan memiliki cita rasa kuliner yang tinggi.

Sri Sultan IX membikin semacam steak yang tidak dimakan dengan nasi melainkan setup nanas. Nanas diiris dan di-panfried menggunakan margarin. Setelah itu, irisan nanas ditata di dasar piring dan disiram saus kedondong yang telah dimasak dengan rempah rempah terutama cengkih. Bebek fillet yang diungkeb dengan bumbu rempah, digabungkan dengan setup tadi. Aroma bebek yang gurih bercampur dengan setup nanas dan kedondong yang segar.

Nah, sekembali ke Nusantara dan Sri Sultan IX dinobatkan sebagai raja, keinginan kulinernya timbul dan meminta juru masak keraton berkebangsaan Belanda, Mr. Smith atau disebut pula Ndoro Smith, menghidangkan Bebek Suwar Suwir. Oleh Ndoro Smith, menu itu dinamakan “Swat Suur” yang oleh lidah Jawa bergeser karena kesulitan melafalkannya jadi Suwar Suwir.

Unik bukan cerita di balik Bebek Suwar Suwir, Santap Mania? Dan hidangan sudah tersaji di meja! Saatnya menikmati kuliner Jogja khas Raja ini. Penasaran ingin mencoba? Monggo mampir ke Resto Bale Raos.

Salam wisata kuliner Jogja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>