«

»

BATARA SRITEN “EMBUNG DI ATAS AWAN”: Meresapi Pesona Tampungan Air Raksasa Tertinggi di Gunungkidul

IMG_20150305_163417Jogjakarta seolah merupakan kota wisata yang tak pernah habis untuk Santap Mania bicarakan. Berbagai tempat wisata unik, murah meriah, dengan panorama luar biasa indah yang bisa kita sambangi dan melekat dalam sanubari kita. Nah, sebentar lagi liburan panjang. Ke mana enaknya, ya? Redaksi SantapJogja.com mengajak kita semua meluncur ke tempat yang wah sekali: Embung Batara Sriten di Gunungkidul.

APA ISTIMEWANYA EMBUNG INI?

Embung bisa kita artikan sebagai tampungan air raksasa. Air hujan yang biasa langsung meresap cepat ke tanah karst atau berkapur di Gunungkidul akan ditampung ke sebuah waduk buatan sehingga waktu musim kemarau warga tercukupi kebutuhan airnya.

Embung Batara Sriten yang terletak di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakart dengan koordinat GPS  S7°49’56” E110°37’54”, berada di ketinggian 896 meter di atas permukaan air laut yang merupakan puncak tertinggi di Gunungkidul disebut Puncak Magir.

Bisa Santap Mania bayangkan jika embung raksasa ini seperti tampungan air raksasa di atas awan. Daerah yang akan diproyeksikan sebagai pusat kebun manggis dan kelengkeng ini mampu menghadirkan pesona pemandangan 360 derajat yang Santap Mania bisa menikmati persawahan, perbukitan, dan beberapa tempat seperti Klaten, Rawa Jombor, Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Sleman, Gunungkidul, Yogyakarta.

MENUJU EMBUNG RAKSASA BAGAIMANA?

Jiwa petualang Santap Mania akan teruji untuk mencapai Embung Batara Sriten. Jalur menuju lokasi yang berbukit bukit menuntut Santap Mania untuk mengecek terlebih dahulu kondisi motor atau mobil yang dikendarai menuju sana. Jangan lupa untuk berangkat lebih pagi agar menemui matahari terbit atau kalau ingin mencermati momen matahari tenggelam juga bisa Santap Mania atur jadwal keberangkatannya.

Rute yang bisa Santap Mania untuk mencapai embung di antaranya sebagai berikut:

1. Jalur Watu Ondo

Mulai dari Desa Pilang Rejo, Santap Mania naik lewat saluran irigasi Kali Ngaseban. Setelah itu menyeberangi jembatan dan naik ke Watu Ondo. Jalur ini sering digunakan warga Sriten menuju pasar. Panjang rutenya sekira tiga kilometer.

2. Kali Ngaseban

Jalur ini jika Santap Mania pilih harus mendapat kawalan dari pemandu terampil karena harus menyusuri Kali Ngaseban yang berujung di Puncak Magir. Namun, tracking ini sangat mengasyikkan karena sensasi berjalan yang sepanjang jalan akan menemui panorama yang mantap.

3. Miring Ngidul

Hati hati untuk rute ini karena jalurnya menanjak. Tempuhlah lewat Desa Kaligede sampai Puncak Magir dan Santap Mania menemui embung Batara Sriten.

4. Trosari

Jalur ini adalah Desa Katongan – Trosari – Puncak Magir. \

Selain itu, Santap Mania bisa memilih Jalur Mbolang, Gunung Gambar, dan Gedang Sari. Atau biar lebih mudah ketika kita pakai motor atau mobil ambil rute ini:

Jogja » Jl. Wonosari » Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Pertigaan Sambipitu ke kiri menuju arah Nglipar » Perkebunan Hutan Kayu Putih » Pertigaan sebelum Pasar Nglipar ke kiri » Jalan Nglipar-Ngawen » Kedungpoh » Pertigaan timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo tepatnya Jl. Nglipar-Ngawen Km. 6,5 ke kiri » ikuti jalan aspal dan cor blok sambil lihat penunjuk arah ke Embung Batara Sriten dan Perbukitan Baturagung (Puncak Tertinggi Gunungkidul).

TIP AMAN MENUJU EMBUNG BATARA SRITEN

Tips Aman Menuju Embung Batara Sriten :

1. Lebih dianjurkan memakai motor bebek yang bukan matic. Motor khusus pria lebih bagus karena tenaganya yang kuat untuk menanjak.

2. Cek kendaraan dalam kondisi tidak rewel agar perjalanan Santap Mania lancar.

3. Jika Santap Mania berboncengan, waktu menemui tanjakan dengan sudut yang nyaris tegak lurus hendaknya orang yang membonceng turun saja agar tidak melorot motornya.

4. Lihat kondisi cuaca, kalau hujan dan jalanan licin sebaiknya perlahan lahan memacu kendaraan dan lebih tajam penglihatannya.

Selamat meluncur ke Embung Tertinggi di Gunungkidul ini. Jangan lupa setelah mencapai di puncaknya foto foto selfie dan apload ke media sosial. Nah, setelah selesai berwisata di embung di atas awan ini, ada baiknya Santap Mania berwisata kuliner di Gunungkidul.

Salam wisata dan berkuliner Jogja!

Sumber gambar: jarangpanas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>