«

»

BALE RAOS: Kemegahan Kuliner Raja-Raja Adiluhung untuk Rakyat

Semur Piyik Sumber gambar: Kompas

Semur Piyik
Sumber gambar: Kompas

Jogja selalu jadi kenangan bagi siapa saja yang pernah menginjakkan kakinya di kota ini. Budayanya yang kental, suasananya yang bersahabat, dan orangnya yang ramah menjadikan Kota Jogja tak pernah lepas sedetikpun dari ingatan. Jogja dan segala sesuatu yang ada padanya ialah seni yang mendarah daging dan tak lekang oleh zaman.

Dunia kuliner Jogja juga pantas diceritakan kepada siapa saja. Makanan dari kelas pinggiran, kasta mahasiswa yang membutuhkan santapan mengenyangkan, juga golongan ningrat ada di sini. Santap Mania tinggal menyesuaikan dengan niat dan pundi pundi rupiah, warung atau resto Jogja akan memenuhi gairah kuliner Jogja.

ROYAL CUISINE

Budaya santap kuliner di lingkungan Keraton telah temurun dan jarang orang awam mengetahuinya. Resep, bumbu, ritual pembuatan, dan cara penyajiannya, punya pakem tersendiri sehingga dulu hanya terbatas keluarga Keraton Jogja yang boleh mengonsumsinya. Namun, zaman berubah dan kini masyarakat bisa mencicipinya. Di manakah Santap Mania bisa mencobanya?

BALE RAOS Resto namanya!

Berada di Kompleks Keraton, restoran etnik dari gerbangnya yang anggun seolah menarik jiwa Redaksi Santap Jogja untuk bertandang. Aura Jawa sudah terasa dari luar membangkitkan hasrat terjun dalam pesona kuliner Keraton Jogja. Perasaan penasaran mendorong Redaksi untuk segera masuk dan lebur dalam suasana Jawa yang menenangkan.

Tak ada kebisingan di sini. Alunan gamelan Jawa lah yang mengisi malam bertemaram bintang. Angin mendesir membawa seribu pesan dari ruh moyang yang mengembara. Redaksi larut dalam kegembiraan karena sebentar lagi akan jadi raja meski semalam di Bale Raos Resto!

Bale Raos1

HIDANGAN RAJA

Ruang santap Bale Raos yang joglo Jawa terasa otentik dan berkelas karena penataan ruangnya yang dinamis. Motif batik khas Kerajaan Ngayogyakarta Hadiningrat menambah semarak ruang makan ini.

Daftar menu tersodor oleh pramusaji bersenyum mengembang. Redaksi mencermati jenis makanan apa saja yang jadi santapan para bangsawan di Keraton Jogja. Diantaranya tersaji:

1. Bebek Suwar Suwir, menu favorit Sri Sultan IX
2. Semur Piyik, kegemaran Sri Sultan IX
3. Urip Urip Gulung, kesukaan Sri Sultan HB VII
4. Sanggar, Sultan VIII sampai dengan X menyukai menu ini
5. Sup Timlo, Sri Sultan X selalu menyantapnya
6. Bir Jawa dan Royal Secang sebagai minuman para raja Mataram.

Dan masih banyak lagi kuliner Keraton Jogja yang bisa kita rasakan tanpa RAHASIA. Sudah saatnya Santap Mania jadi raja!

Tak diragukan lagi jika Santap Mania akan berkesan menyantap hidangan raja di Bale Raos Resto. Rasanya berkelas dan menunjukkan kedigdayaannya di lidah dan perut. Meski tetap merakyat dengan terbayar oleh sajian Bale Raos.

Tapak Kucing Sumber gambar: Kompas

Tapak Kucing
Sumber gambar: Kompas

Arseng Sumber Gambar: Kompas

Arseng
Sumber Gambar: Kompas

Singgang Ayam Sumber gambar: Kompas

Singgang Ayam
Sumber gambar: Kompas

Gudeg Manggar Sumber gambar: Kompas

Gudeg Manggar
Sumber gambar: Kompas

AKSES MENUJU BALE RAOS

Siapkan gadget Santap Mania dan ketik “Bale Raos Resto”. Di situ akan tertampil peta resto tradisional bintang lima beralamat di Jalan magangan Kulon No. 1, Kecamatan Keraton, Jogja. Letaknya yang di Kompleks Keraton membuat Santap Mania harus mematuhi tata tertib untuk tidak masuk dengan mobil menderu.

Jangan takut tidak kebagian parkir karena mobil leluasa dengan kapasitas besar. Dua buah joglo yang terdiri dari 80 tempat duduk siap menyambut kehadiran Santap Mania sebagai tamu agung Keraton Jogja.

Bale Raos Resto buka setiap hari dari jam 9.30 sampai dengan 21.30 WIB namun pada Senin hanya sampai pukul tiga sore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>