«

»

BAKSO PAK JAM IRONAYAN: Demi Empat Butir Baksonya, Kita Rela Blusukan!

bakso ironayan

Sensasi memburu kuliner Jogja yang mblusuk atau berada di daerah terpencil seolah tak ada habisnya. Petualangan seru menyusuri jalanan pedesaan, tanya sana dan sini, bahkan sampai kesasar, tak menyurutkan niat kita untuk mencari kuliner Jogja yang bak mutiara. Jogja ialah pasar mewah namun murah meriah bagi siapa saja yang ingin menikmati sajian masakannya yang aduhai. Santap Mania salah satunya bukan?

Tak cuma wisata kuliner seperti ayam goreng, sate kambing, atau soto yang menuntut kita blusukan mencarinya, kuliner bakso di Jogja juga ada yang harus kita telusuri. Bakso Pak Jam adalah santapan istimewa contohnya. Warungnya terletak di Dusun Ironayan, Ngipik, Banguntapan, yang pelosok desa banget dan terkenal sejak 1985. Setiap hari, kecuali Jumat tutup, warung sederhana ini melayani pengunjungnya yang tak pernah henti meminta kepuasan rasa baksonya.

bakso ironayan1
BAKSO, KUAH, dan AKSESORISNYA KOMPLET

Paling menawan di warung bakso Ironayan ini ialah sambalnya yang khas karena memakai cabai yang digoreng sehingga ketika dicampur dengan kuahnya terasa segar dan menghangatkan tubuh. Empat gelinding baksonya juga empuk dan daging sapinya lekat di lidah. Tentu irisan tahu, bakso goreng, ditambah mi kuningnya menggembok rasanya jadi sempurna.

Bakso Pak Jam yang disebut pula Bakso Blusukan ini jika boleh redaksi menilainya dapat empat setengah bintang dari lima. Itu berkat suasana pedesaannya yang bisa menghilangkan penat waktu jam istirahat kantor. Pelayanannya yang ramah menambah nilai tersendiri. Buruan bagi Santap Mania yang ingin merasai betapa perburuan bakso blusukan ini luar biasa segera menuju TKP alias Tempat Kejadian Perkulineran. Jangan hari Jumat ya karena libur.

Salam wisata kuliner Jogja!

 
Sumber gambar: hungerranger.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>