«

»

AYAM GORENG MBAH CEMPLUNG: Sekali Kecemplung, Sekalian Berenang di Samudera Lezatnya!

ayam mbah cemplung

“Jangan lebih dari jam dua siang!”

Begitulah pesan para penggemar ayam goreng yang sangat terkenal seantero Jogja yaitu Mbah Cemplung. Entah kenapa nama Cemplung diberikan pada seorang simbah yang merintis bisnis kuliner Jogja yang istimewa rasanya ini. Barangkali waktu kecil simbah pernah kecemplung di selokan atau itu semacam trik bisnis yang menandakan para penikmat ayam gorengnya akan kecemplung dalam rasa lezatnya?

Ayam Goreng Mbah Cemplung ada yang bilang jika Santap Mania belum pernah merasakannya selama di Jogja adalah kerugian besar. Ayam goreng ini induknya ayam goreng di seluruh Jogja, itulah rumor yang beredar untuk menjelaskan saking enaknya ayam gorengnya. Selain itu, pengelanaan kuliner ini asyik punya karena harus mblusuk. Memang istilah blusukan sekarang tengah tren! Justru inilah nilai lebih dari kuliner Jogja. Jauh dari pusat kota malah semakin diburu!

AYAM EMPUK yang JOS

Sudah dari pelataran parkir bau ayam goreng yang harum sudah menusuk nusuk hidung. Suasana pedesaan terasa sekali dengan rerimbunan pohon yang segar dipandang dan membuat ayem. Warung makan ayam goreng Mbah Cemplung berkonsep sederhana dengan ruangan otentik Jawa dan meja kursi kayunya memanjang seolah kita tertarik pada zaman Mataram tempo doeloe.

Para pelayan langsung beraksi menawarkan menu andalan. Sekejap pilihan tertumbuk pada ayam goreng yang tak bisa tidak harus disiapkan oleh pramusaji. Tanpa menunggu lama, ayam goreng yang berkilauan, sambal, dan lalap telah tersaji di hadapan. Jika Santap Mania pengin menambah sambal, ada dua yaitu sambal mentah dan matang, bisa menunjukkan tangan dan segeralah para pelayan warung membantu.

Sobek demi sobek daging ayam membuat kita larut oleh perasaan jika memang benar kata orang orang kalau ayam goreng Mbah Cemplung luar biasa mantap. Sambalnya cocok di lidah menimbulkan sensasi yang tak terlupakan. Rasa penasaran terjawab sudah!
ayam mbah cemplung1
Jika Santap Mania ingin membuktikkan bersama kolega, sila meluncur ke

warung ayam goreng Mbah Cemplung di dekat Pabrik Gula Madukismo yaitu tepatnya di Sembungan/DK.XIX Sembungan RT 05, Kasongan, Bangunjiwo, Bantul,

Salam wisata kuliner Jogja!

 
Sumber gambar: nitaangel.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>