«

»

ABHAYAGIRI RESTO: Dari Puncak Bukit Makan Siang Romantis Sambil Memandang Gunung Merapi & Candi Prambanan

IMG_5207Sebuah pesan masuk ke email Redaksi Santap Jogja dari seorang sobat yang menyebutkan jika ada restoran romantis di dekat Candi Prambanan. Namanya Abhayagiri tepatnya terletak di Desa Sumberwatu, Prambanan. Kebetulan sekali redaksi sedang membahas tentang spot kuliner ajib yang harus dikunjungi dan kami laporkan pada Santap Mania. Tanpa berpikir panjang, akhirnya kami meluncur untuk membutktikan apakah benar Abhayagiri Resto sesuai dengan ucapan seorang sobat. Cus ke lokasi!

MEMANJAKAN MATA oleh MERAPI, PRAMBANAN, dan CANDI SOJIWAN

Sepanjang perjalanan, redaksi menikmati pemandangan yang lumayan mencuci mata mulai dari Ringroad Utara menuju Jalan Solo. Karena jam operasi Abhayagiri dari 11 siang sampai dengan 9 malam, kami memilih waktu siang menjelang sore agar dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Candi Prambanan dari ketinggian. Sesampai di Pasar Prambanan, kami ambil arah ke Dusun Sumberwatu, Sambirejo. Kesasar memang namun ini tak menyurutkan langkah kami untuk mencapai Abhayagiri Resto.

Candi Sojiwan, Candi Prambanan dan Gunung Merapi terlihat jelas dari sini

Candi Sojiwan, Candi Prambanan dan Gunung Merapi terlihat jelas dari sini

IMG_5213

Arsitektur resto yang bergaya Joglo

Sesampai di tempat kejadian perkulineran atau TKP Abhayagiri Resto, redaksi disambut dengan keramahan para karyawan resto ang mengenakan setelan cokelat krem dengan mengarahkan mobil kami. Senyum terulas cerah dari mereka yang membuat kami nyaman bersama dengan pemandangan resto yang asri dengan rerimbunan hijau di sana sini. Sore ini tampak romantis dengan warna warni penerangannya dan dekorasi resto yang aduhai.

Fasilitas menyenangkan yang ditawarkan manajemen resto ialah sebagai berikut setelah redaksi melakukan wawancara kecil:

1. Tempat makan indoor dan outdoor

2. Outside Banquet

3. Paket pernikahan dan even spesial

4. Area foto pra-nikah

5. Wifi

6. Event Organizer

7. Tempat parkir luas yang mampu menampung 30 mobil dan bus

8. Transportasi penjemputan

Wah, lengkap sekali ya apa yang ditawarkan oleh manajemen Abhayagiri Resto. Selanjutnya penelusuran kuliner kami lanjutkan dengan mencoba icip icip kulinernya. Tidak sahih kalau tidak menyantap masakan di sini yang katanya mantap jaya.

IMG_5280

MENU LOKAL RASA INTERNASIONAL

Andalan Abhayagiri Resto yang kami pesan ialah Nasi Goreng Chicken dan Fettuccini Tuna Sauce. Semua menu ini mengusung konsep resto “Menu lokal rasa internasional”. Redaksi menanyai jika mereka menanam sayuran sendiri dan menyajikan segar pada para pelanggan sehingga rasanya sangat fresh.

Sambil menunggu menu santapan tersedia di meja, sepertinya sangat disayangkan jika tidak mengabadikan pemandangan elok di depan mata kami. Sengaja tim pemburu kuliner memilih tempat outdoor di bawah pohon kamboja agar tetap sejuk dan tetap bisa cuci mata. Menatap ke arah bawah, Candi Prambanan terlihat kecil dikelilingi oleh hamparan sawah menghijau dan sesekali terlihat kereta melewati jembatan sungai di dekatnya. Menatap jauh ke depan, terlihat Gunung Merapi berdiri dengan gagahnya, wah bener bener mantap pemandangan dari resto ini. Tak heran jika kebanyakan orang makan di tempat ini hanya 15 menit, selanjutnya asyik berfoto ria termasuk kami.

IMG_5268Tiba tiba di tengah keasyikan kami berfoto, pramusaji dengan sopan menyapa kami memberitahukan kalo menu sudah siap. Wah kebetulan perut juga sudah keroncongan, kami kembali ke meja yang telah tersedia menu pesanan. Wah sepertinya yummy juga nih dari penampakannya, nasi goreng chicken perpaduan antara nasi goreng dengan tambahan ayam tepung, acar dan sedikit sayuran brokoli. Rasa nasi goreng disini sangat berbeda dengan nasi goreng hotel kebanyakan yang hambar, cukup lezat apalagi ditambah ayam tepungnya yang empuk dan saus yang yummy pula. Menu kedua Fettuccini Tuna Sauce, duh susah bener nyebut menu satu ini. Menu ini sebenarnya semacam spaghetti dengan disiram saus ikan tuna dan tambahan roti kering keju. Rasanya cukup menggoyang lidah apalagi jika gemar dengan menu pasta seperti ini, sangat layak untuk dicoba.

Nasi Goreng Chicken

Nasi Goreng Chicken

Fettuccini Tuna Sauce

Fettuccini Tuna Sauce

BATU ERUPSI MERAPI

Selesai menyantap hidangan , kami melanjutkan mengeksplor pemandangan di resto ini. Tatapan kami tertarik dengan batu besar yang terletak di samping bangunan utama, setelah mendekat ternyata ini merupakan salah satu batu hasil erupsi Merapi tahun 2010! Batu ini waktu itu ditemukan di Kali Putih dan merupakan batu yang melintang menutup jalan Jogja – Magelang. Batu ini dibawa kemari dengan maksud untuk menunjukkan betapa dahsyatnya kekuatan erupsi Merapi saat itu.

watuIngin sensasi yang lain? cobalah berenang di kolam yang telah disediakan. Memang sih dipungut biaya tambahan yang cukup lumayan, makanya kami gak nyebur cukup berfoto aja disini hehehe. Kolam renang ini dibuat dengan latar belakang Gunung Merapi, jika berenang disini rasanya sangat dekat dengan Merapi.

IMG_5287Ada tiga hal yang selalu dipegang oleh pengelola Abhayagiri Resto dalam menyajikan menu kulinernya yaitu sempurna dalam Hati, Mata, dan Rasa. Ditambah dengan suasana menyantap yang romantis saat makan malam, makan siang keluarga, dan rapat siang, Abhayagiri Resto memberikan sensasi luar biasa yang tidak boleh kita tinggalkan sebagai penggemar kuliner Jogja.

Jika Santap Mania ingin mendapatkan informasi lebih jelas, sila menghubungi 0274 4469277

Selamat mencoba dan salam wisata kuliner Jogja!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>